Pentingnya Perhatian Yang Lebih Dari Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini
Cari Berita

Advertisement

Pentingnya Perhatian Yang Lebih Dari Orang Tua Terhadap Anak Usia Dini

Rabu, 27 Juni 2018


TIPS (Ruangaspirasi.me) Sebagai orang tua, tentunya sangat protek dan sayang terhadap anak-anaknya. Hal yang paling utama diberikan orang tua terhadap anaknya yang memasuki usia dini adalah perhatian. Kemudian, hal yang harus di perhatikan yang paling penting adalah psikologi anak. Jadi, meskipun bukan seorang psikolog, orang tua hendaklah memahami tentang psikologi anaknya.

Usia dini adalah usia yang dominan menentukan perkembangan prilaku seorang anak. Orang tua, tidak boleh memaksakan anaknya untuk  menjadi apa yang diinginkan orang tua. Karena hal itu dapat berpengaruh ketika ia tumbuh menjadi sosok remaja nanti.

contoh nya :

*Ketika anak nakal, sebagai mana sikap anak-anak yang memang belum mengerti bagaimana bersikap baik. Sebagai orang tua, janganlah sesekali membentak atau memarahi dengan cara memberikan ekspresi yang berlebihan dalam menunjukan kemarahan. Namun, bukan berarti kita membiarkan anak bersikap tidak sopan. Yang wajib kita lakukan ketika anak usia dini bersikap nakal adalah kita sebagai orang tua mengarahkan bersikap yang baik itu seperti apa dan jika menjadi anak yang nakal akibat buruk-Nya nanti apa.

Contoh nasehat kita sebagai orang tua ketika anak kita yang berusia dini nakal atau mengganggu teman nya. Panggil si anak dan nasehati dalam keadaan mengobrol berdua.

"Kamu jangan mengganggu temanmu nak.. sama teman itu harus baik biar banyak teman, nanti kamu gak ada teman kalo kamu nakal."

*Anak usia dini harus lebih layak mendapat pengetahuan tentang sikap, bukan tentang ilmu pelajaran. Karena anak usia dini lebih membutuhkan aktivitas dan kegiatan.

Setiap orang tua pasti ingin anak nya menjadi anak yang baik. Namun, kita harus menyesuaikan psikologi anak agar kita tidak salah dalam memperlakukan nya agar menjadi anak yang baik. Jika kita tidak memahami psikologi anak, maka anak akan merasa terpaksa terhadap apa yang kita sarankan untuknya. Padahal anak usia dini butuh kelembutan.

semoga bermanfaat sob 😊

Penulis: Erta Purnama Sari