Cegah Bencana Sejak Dini, BPBD Situbondo Sosialisasikan Penanggulangan Bencana
Cari Berita

Advertisement

Cegah Bencana Sejak Dini, BPBD Situbondo Sosialisasikan Penanggulangan Bencana

Kamis, 12 Juli 2018

Taufik Hidayat Kepala Pelaksaan BPBD Kabupaten Situbondo Saat Memberikan Pembinaan Penaggulangan Bencana

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Dalam rangka memberikan sosialisasi tentang penanggulangan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo melaksanakan pendataan dan pembinaan terhadap Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Masyarakat. Kamis, (12/07/2018)

Kegiatan yang berlangsung di Aula PG. Panji Situbondo diikuti oleh ratusan peserta, tardiri dari perwakilan Ormas dan Lembaga Masyarakat, diantaranya Pusdalops PB, Tagana, PMI, Pramuka Kwarcab Situbondo, LSM, FKIM, Ansor Cabang Situbondo, serta para undangan lainnya.

Gatot Trikorowan, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo

Gatot Trikorowan, SE. M. Si selaku ketua pelaksana kegiatan menerangkan, pendataan dan pembinaan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait prinsip dan sistem penanggulangan bencana. Sehingga, resiko bencana dapat segera diantisipasi.

"Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama. Oleh karenanya, sebagai langkah pencegahan terjadinya bencana dibutuhkan kerjasama dari semua elemen masyarakat," terang Gatot Trikorowan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Situbondo Taufik Hidayat, M.Si dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan penanggulangan bencana merupakan kegiatan yang mulia. Hal ini, dikarenakan berkaitan langsung dengan kegiatan kemanusiaan. Seperti, monolong korban bencana alam.

"Penanggulangan bencana bukanlah kegiatan hiburan, maka dari itu sangat dibutuhkan orang-orang yang selalu tanggap, sukarelawan dan tanpa pamrih dalam menanggulangi terjadinya bencana. Misalnya dari Ormas maupun dari Lembaga Masyarakat," ungkapnya

Lanjut Taufik Hidayat mengatakan, setelah kegiatan pendataan dan pembinaan ini, diharapkan ada Follow Up terhadap Ormas dan Lembaga Kemasyarakatan agar diorganisir dengan baik, sehingga bisa berberan aktif membantu BPBD dalam penanggulangan bencana.

"Saya berharap, baik Ormas maupun Lembaga Kemasyarakan berpartisipasi apabila terjadi bencana di kabupaten situbondo. Meskipun tidak terjadi bencana, peran serta tetap kita butuhkan untuk pencegahan terjadinya bencana, pengurangan risiko bencana. Terutama mendukung program BPBD, misalnya program sekolah aman bencana dan desa tangguh Bencana," pungkasnya

Redaksi