Cegah Pelanggaran Pemilu 2019, Panwaslu Kecamatan Kapongan Gelar Rakor Pengawasan Kampanye
Cari Berita

Advertisement

Cegah Pelanggaran Pemilu 2019, Panwaslu Kecamatan Kapongan Gelar Rakor Pengawasan Kampanye

Kamis, 25 Oktober 2018

Komisioner Panwaslu Kecamatan Kapongan. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Panitia Pengawas Pemilu Umum (Panwaslu) Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Partisipatif yang dikemas dengan Talk Show di aula Pitaloka Kecamatan Kapongan. Rabu (24/10/2018).

Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 09:30 WIB, tidak lain bertujuan untuk mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR RI, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Hadir pada Rakor tersebut diantaranya, anggota Polsek Kapongan, Danramil Kapongan, PPK, PPS, PDK, TRANTIB, perwakilan organisasi kepemudaan dan pemerintahan di lingkup Kecamatan Kapongan serta komisioner Panwaslu Kecamatan Kapongan Rita Hamdani, S.Pd. yang membuka langsung terselenggara kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Rita Hamdani menyampaikan terima kasih kepada peserta yang hadir atas partisipasinya mengikuti pelaksaan Rakor pengawasan partisipatif Panwaslu Kecamatan Kapongan. Ia pun berharap Pemilu tahun 2019 berjalan sukses dan lancar.

"Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengoptimalkan tugas dan wewenang pengawasan serta terjalinnya koordinasi hubungan antar kelembagaan dan pengawasan Pemilu tahun 2019," terang Rita Komisioner sekaligus Koordiv. HPP Panwaslu Kecamatan Kapongan

Sementara, Selamet selaku perwakilan Bawaslu Kabupaten Situbondo saat memberikan materi menjelaskan tentang penanganan pelanggaran Pemilu, dan pengawasan kampanye harus benar-benar dilaksanakan sesuai regulasi.

"Kita  tidak hanya pengawas, penyelenggara pun juga harus baca UU NO 7 TH 2017, PKPU 23, 28 Tahun 2018 PERBAWASLU 28 tahun 2018. Karena, komisioner Panwas hanya sedikit.sehingga perlu dorongan dari semua pihak," jelasnya

Sementara, menurut Taufiq Hasan menjalaskan bahwa Pemilu merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat. Sehingga perbaikan sistem politik, kelembagaan politik harus kredibel, berintegritas dan berorientasi kepada kedaulatan rakyat.

"Maka dari itu, dengan adanya Rakor ini diharapkan dapat membangun kesadaran bersama akan pentingnya Pemilu," Harap Taufik Koordiv PHL Panwaslu Kecamatan Kapongan

Fikhan