Dampak Bencana Angin Puting Beliung 4 Desa di Kecamatan Sumbermalang - Situbondo
Cari Berita

Advertisement

Dampak Bencana Angin Puting Beliung 4 Desa di Kecamatan Sumbermalang - Situbondo

Senin, 19 November 2018

Angin puting beliung dan hujan es di Sumber Malang
Salah satu rumah milik warga yang rusak tertimpa pohon akibat dihantam angin puting beliung di Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo. 

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Kejadian angin puting beliung disertai hujan es yang terjadi pada hari minggu, (18/11/2018) di Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, menyebabkan banyak kerugian bagi warga masyarakat, khususnya kerugian secara material. Atap rumah yang hancur karena dihempaskan oleh angin puting beliung maupun rumah rusak tertimpa pohon.

Menurut data yang dirilis oleh BPBD Kabupaten Situbondo Situbondo, melalui Koordinator BPBD Wilayah Kecamatan Sumbermalang Mustofa menerangkan, terdapat 4 Desa yang terdampak bencana puting beliung, yakni Desa Tamankursi, Desa  Baderan, Desa Kalirejo, dan Desa Sumberargo.

Adapun jumlah kerusakan pada masing-masing Desa sebagai berikut:

1. Desa Baderan, Rusak Berat = 10 Rumah, Rusak Sedang / Ringan = 138 Rumah. Jumlah rumah rusak keseluruhan yaitu 148 Rumah.

2. Desa Tamankursi, Rusak Berat = 6 Rumah, Rusak Sedang / Ringan 117 Rumah, Jumlah Rumah rusak terkena bencan angin puting beliung = 123.

3. Desa Sumberargo, Keseluruhan Rusak Ringan 66 Rumah.

4. Desa Kalirejo, Keseluruhan Rusak Sedang / Ringan sebanyak 23 Rumah.

Total keseluruhan rumah rusak berat dan ringan dampak bencana angin puting beliung di Kecamatan Sumbermalang adalah 360 Rumah, dengan perincian 16 Rumah Rusak Berat dan 344 Rusak Sedang / Ringan

Video: Penampakan Hujan Es yang Menghantam Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo. 


Badri Sabana Warga Desa Baderan yang berprofesi sebagai pengepul anyaman bambu mengaku terkejut saat pulang kerumahnya, karena sebagian atap rumahnya yang berupa genteng asbes telah hancur karena dihempaskan oleh Angin.

"Saya kaget saat pulang menuju rumah karena sebagian atap rumah telah habis dibawa angin. Ditaksir kerugian mencapai Rp. 500.000," ucapnya.

Bencana alam berupa angin puting beliung di Kecamatan Sumbermalang hampir terjadi setiap tahun, yang paling parah terjadi pada tahun 2012 Silam.

Abdul Muhid