KARL MARX: Manusia Dalam Ancaman Medsos
Cari Berita

Advertisement

KARL MARX: Manusia Dalam Ancaman Medsos

Jumat, 16 November 2018

Kontekstualisasi Pemikiran Karl Marx Tokoh Filsuf Jerman
Karl Marx Tokoh Filsuf Asal Jerman

ARTIKEL (Ruangapirasi.net) Dapat dibenarkan bahwa eksploitasi tidak hanya terjadi pada zaman penjajahan. Pasalnya, eksploitasi juga bisa ditemui di abad modern hari ini. Misalnya, pemerintah yang tidak adil, pemimpin yang tidak  peduli rakyat, dan pengusaha yang memakan hak buruh (Karyawan/Pekerja) serta Media Sosial (Medsos) yang secara tidak langsung membawa manusia dalam keterasingan.

Berbicara Medsos merupakan produk teknologi modern. Dimana, dengan hadirnya produk ini menjadikan dunia tidak berjarak. Hanya bermodal kouta, manusia bisa berkomunikasi meskipun berada di lintas Negara.

Disadari atau tidak, bahwa sebenarnya Medsos yang menawarkan kemudahan telah mengancam kehidupan manusia. Jika meminjam teori Karl Marx terkait hubungan sosial, penulis dapat menyimpulkan secara garis besar, terdapat 2 persoalan dari dampak Negatif Medsos. Pertama, Medsos telah menjadi dogma atau candu bagi masyarakat. Dari sebab inilah, Medsos menjadikan setiap individu masyarakat teralienasi dari kehidupan sosial.

Masalah kedua, hadirnya konflik vertikal. Dalam kajian Marx tentang "Matraelisme Historis" bahwa sejarah manusia dibentuk oleh konflik vertikal secara materi.  Misalnya, antara kaum ploretal dengan kaum borjuis. Nah, hari ini fonomena baru konflik vertikal sudah dimulai. Meski tidak tanpak secara materi, namun konflik yang dilahirkan di Medsos lebih merata dikonsumsi masyarakat. Misalnya, berkembangnya informasi HOAX dan provokatif. Jika disadari, siapa di balik penyebar informasi HOAX, apa ada hubungannya dengan si Kapitalis? dan siapa yang menjadi korban?

Oleh karena itu, mari kita jadikan layanan Medsos ini sewajarnya saja. Yakni, dengan menyeimbangan antara aktifitas Dunia Maya (Dumay) denga dunia nyata. Serta pintar-pintarlah menyaring informasi sebelum melakukan Share. Pergunakanlah Medsos secara baik dan bermanfaat.

#Be Smart Netizen

Redaksi