Meneladani Sosok Bung Karna, Pembina YSKS yang Gemar Membantu Sesama
Cari Berita

Advertisement

Meneladani Sosok Bung Karna, Pembina YSKS yang Gemar Membantu Sesama

Selasa, 27 November 2018

Drs. Karna Suswandi, MM Pembina Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS)
Drs. Karna Suswandi, MM Pembina Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS)

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Drs. H. Karna Suswandi, MM atau akrab dengan julukan "Bung Karna", merupakan sosok yang perlu diteladani bersama. Namanya menjadi tidak asing di tengah masyarakat, karena ia dikenal dengan orang yang gemar melaksanakan kegiatan sholawat dan juga rutin bersedekah.

Sebagaimana informasi yang dihimpun media Ruangaspirasi.net, Bung Karna pernah menyatakan bahwa sedekah penting dilakukan untuk meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan anak yatim.

"Betapa pentingnya kegiatan-kegiatan sosial yang murni dengan niatan meringankan kebutuhan masyarakat. Karena hal tersebut dapat membangun kesadaran serta penanaman rasa kepedulian sosial," jelas Pembina Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS) saat memberi sambutan pada acara Baksos di Dusun Sekarputih, Desa Sumber Anyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Sabtu, (24/11/2018)

Pria Kelahiran Desa Curah Tatal Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo ini juga menceritakan tentang motivasinya untuk selalu berbagi dengan masyarakat dan istiqomah menggelar kegiatan sosial. Kata Bung Karna, ia pernah mendapat wasiat dari salah satu kyai kharismatik Situbondo Alm. KHR. A. Sufyan Miftahul Arifin untuk senantiasa menanamkan rasa kepedulian sosial dan bergerak membantu sesama.

"Suatu saat jika kamu memiliki rezeki lebih, jangan lupa untuk bersedekah kepada masyarakat, lebih-lebih terhadap anak yatim di saat bulan ramadhan," terang Bung Karna menceritakan

"Oleh sebab itu, saya diajak oleh rekan pegiat sosial Kabupaten Situbondo untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan mendirikan yayasan yang ansih bergerak di bidang kemanusiaan, yakni YSKS," imbunya

Sementara YSKS sendiri sebagai wadah sosial, menurut Bung Karna akan terus berkomitmen untuk meminimalisir angka kemiskinan serta mewujudkan cita-cita kesejahteraan masyarakat Situbondo.

"Sampai saat ini, YSKS telah melaksanan giat sosial yang kesekian kalinya. Tidak hanya berupa bantuan sembako kepada warga miskin, tetapi YSKS telah melakukan pemberdayaan, bedah rumah dan normalisasi jalan di beberapa titik wilayah Kabupaten Situbondo," pungkasnya

Ar Rozi