PLAZA RENGGANIS, Destinasi Wisata Alam Baru di Kabupaten Situbondo
Cari Berita

Advertisement

PLAZA RENGGANIS, Destinasi Wisata Alam Baru di Kabupaten Situbondo

Jumat, 23 November 2018

WISATA (Ruangaspirasi.net) Plaza Rengganis, sekilas seperti nama sebuah pusat perbelanjaan yang lengkap dengan supermarketnya, Namun sebenarnya bukan. Karena Plaza Rengganis merupakan nama ikon Wisata di lereng utara Gunung Argopuro bagian Situbondo. Atau lebih tepatnya Plaza Rengganis ini adalah sebuah tempat Wisata Alam yang terletak di Kawasan Perhutani, sekitar -+3 km dari Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kab. Situbondo.

Destinasi Wisata Plaza Rengganis, 1 minggu terakhir ini menjadi primadona bagi Warganet khususnya di Situbondo, bahkan dalam sebuah postingan akun fb bernama Muhid Thewinner di Grup Info Warga Situbondo mendapatkan respon positif, disukai oleh 1.296 orang dan dibagikan lebih dari 68 kali.

Apa yang istimewa dari wisata Plaza Rengganis?

Banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Destinasi Wisata Plaza Rengganis, khususnya Gunung dan Awan yang menjadi menjadi latar spot selfie pada area tersebut, jajaran bukit dan pemandangan lembah dengan aliran sungai yang berkelok-kelok menjadikan tempat ini semakin cantik untuk dinikmati. hal ini sangat jarang ditemukan ditempat wisata lainnya.

Bahkan begitu kita memasuki pintu gerbang utama pendakian Argopuro, di sebelah kanan jalan sudah disajikan Pesona lereng pegunungan Hyang Timur yang begitu memikat hati, sejauh mata memandang akan diiringi decak kagum akan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Baca Juga: Aksi Tanam 3000 Pohon di Area Wisata Plaza Rengganis Situbondo

Bagi Para pendaki Argopuro, Keindahan tersebut bukan sesuatu yang baru karena lokasi wisata tersebut sebelumnya adalah trek pendakian Argopuro via Baderan yang saat ini oleh pemerintah sudah dimaksimalkan menjadi Destinasi Wisata.
Plaza Rengganis, Destinasi Wisata Alam Baru di Kabupaten Situbondo
untuk sampai pada lokasi ini sudah bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 karena Sepanjang jalur sudah diperkeras dengan jalan Aspal sehingga memudahkan akses pengunjung menuju wisata Plaza Rengganis.

Bagaimana rute untuk sampai di Wisata Plaza Rengganis?
  1. Rute dari arah barat jalur pantura Surabaya / Malang - Pasuruan - Probolinggo - Alun-alun Besuki.
  2. Dari arah timur Banyuwangi, Situbondo / Bondowoso - Alun-Alun Besuki.
Dari Alun-alun Besuki menuju arah selatan mengikuti papan nama Wisata Argopuro (Sementara belum terpasang penunjuk jalan menuju Wisata Plaza Rengganis).

Jika masih belum paham, kita bisa bertanya jurusan Kecamatan Sumbermalang kepada masyarakat yang dilalui. Atau Google Map tujuan Kantor Desa Baderan. Jarak yang harus ditempuh dari Alun-alun besuki menuju Desa Baderan adalah sekitar 20 km dengan prakiraan waktu tempuh selama 30-45 menit perjalanan.

Setelah Sampai di Desa Baderan, terdapat Gapura pendakian Argopuro dan ikuti terus jalurnya hingga sampai dilokasi Wisata Plaza Rengganis.
Jika masih ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan lewat komentar.

Baca Artikel terkait lainnya:
JAZZAVANA, Pagelaran Musik Jazz di Lereng Gunung Argopuro
Wabup Situbondo bersama Komunitas Jeep mengunjungi Wisata Plaza Rengganis
Funcamp & Penyuluhan Sampah di kawasan Wisata oleh Kader Konservasi Alam Kab. Situbondo