5 Tips Kesehetan Mencegah Virus DBD Ala Dokter Erfan
Cari Berita

Advertisement

5 Tips Kesehetan Mencegah Virus DBD Ala Dokter Erfan

Kamis, 24 Januari 2019

5 Tips Kesehetan Mencegah Virus DBD Ala Dokter Erfan
dr. Erfan Hartanto, SP.A Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Mitra Sehat Situbondo.

ARTIKEL, (Ruangaspirasi.net) Virus Deman Berdarah Dengeu (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Biasanya, virus berbahaya ini mudah berkembang pada musim pancaroba, yaitu peralihan antara musim kemarau dengan musim hujan.

Oleh karena itu, untuk mencegah penyebaran dan mengantisipasi terjangkitnya virus DBD, Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit (RS) Mitra Sehat Situbondo Erfan Hartanto, SP.A saat ditemui (Rabu, 23/01/2019) memberikan tips-tips khusus kepada masyarakat agar keluarga kita, khususnya anak-anak terhindar dari penyakit DBD. Yakni:

1. Menjaga Ketahanan Tubuh


Tidak hanya untuk bagi anak-anak, virus DBD bisa menyerang siapa saja, termasuk orang dewasa. Karena faktor utama yang menyebabkan virus DBD menjadi infeksi, karena daya tahan tubuh lemah. Maka dari itu, menjaga daya tahun tubuh itu sangat penting, misalnya rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan-makanan sehat.

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan


Lingkungan yang kotor akan menjadi sarang bagi nyamuk untuk berkembang biak. Sehingga, hal tersebut memungkinkan potensi serangan DBD lebih besar. Oleh karenanya, langkah pencegahan paling baik adalah menjaga lingkungan tetap bersih. Seperti menerapkan 3 M: Menguras, Menutup dan Mengubur.

3. Melakukan Fogging


Fogging merupakan salah satu langkah yang perlu dilakukan guna mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti DBD. Tindakan Pengapasan ini tujuannya untuk membasmi bibit-bibit nyamuk agar tidak berkembang.

4. Memberikan Vaksin DBD Bagi Anak


Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI)
mulai menganjurkan imunisasi tambahan untuk DBD yang bisa diberikan kepada anak usia 9 tahun keatas.

5. Rutin Mengkontrol Kesehatan


Ada pepatah mengatakan, "Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati". Mengkontrol kesehatan sangat perlu dilakukan, apalagi sudah ada gejala awal penyakit DBD,  seperti mual, panas, pusing, dsb.

Itulah 5 tips kesehatan mencegah penularan virus DBD ala dr.Erfan Hartanto. Semoga bermanfaat.!