Tebar Ilmu Agama, Mahasiswa LPM STAINH Berbasis Musholla
Cari Berita

Advertisement

Tebar Ilmu Agama, Mahasiswa LPM STAINH Berbasis Musholla

Senin, 28 Januari 2019

Proses Pembelajaran Terhadap Santri yang Dilakukan Mahasiswa LPM STAINH

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda (STAINH) Desa Pelayan, Kacamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan unggulan berupa Latihan Pengabdian Masyarakat (LPM) untuk meningkatkan potensi dan kualitas mahasiswa dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat yang heterogen. Sabtu, (26/01/2019) malam.

Kegiatan ini akan dilangsungkan selama kurang lebih 20 hari, yakni terhitung sejak tanggal 17 Januari- 05 Februari tahun 2019. Dimana, LPM merupakan wujud implementasi ini adalah Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 1 sampai semester 5 dari berbagai jurusan yang ditempatkan diberbagai desa. Biasanya, kegiatan ini dilaksanakan ketika menjelang kenaikan semester ganjil.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kata Ketua STAINH kegiatan LPM saat ini lebih difokuskan terhadap pemberdayaan berbasis musholla atau masjid yang tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai tempat menimbah ilmu agama. "Makanya saya ingin, LPM sekarang lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya," tutur Habib Muhammad Taufiq, M.Pd.

Sementara, menurut pemaparan dari salah satu peserta LPM yang bertempat di Desa Batu Ampar, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso mengungkapkan perasaan, ia merasa senang dan bangga karena diterima baik oleh masyarakat.

"saya merasa senang karena dari beberapa mushalla yang saya datangi dan bersilaturrahim kepadanya, mereka bersedia dan berterimakasih telah mau belajar dan mengamalkan ilmunya bersama santri mushalla yang ada di Desa Batu Ampar" Ucap Zainul Muttaqin.

Sementara, salah satu kyai di mushallah tersebut memberikan respon positif dengan kedatangan mahasiswa STAINH. Ia pun berharap kepada peserta LPM bisa mengajarkan ilmu agama kepada santri sebagai pondasi kehidupan.

"Semoga kalian bisa menyalurkan ilmu yang barokah kepada santri mushalla, sebagai penerus islam di era selanjutnya," Singkat Kiai Muhammad Asy'ari.

Penulis : Restu Umia
Mahasiswa Magang STAINH