IKAPPDAR Situbondo Munculkan Sosok Ideal Calon Pemimpin Situbondo di Masa Mendatang, Siapakah?
Cari Berita

Advertisement

IKAPPDAR Situbondo Munculkan Sosok Ideal Calon Pemimpin Situbondo di Masa Mendatang, Siapakah?

Senin, 11 Februari 2019

IKAPPDAR Situbondo Munculkan Sosok Ideal Calon Pemimpin Situbondo di Masa Mendatang, Siapakah?
Suasana Giat Dzikir dan Doa Bersama Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum (IKAPPDAR) Jombang di Kabupaten Situbondo.
Calon Bupati Situbondo tahun 2020, 
SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai upaya meneguhkan silaturrahmi serta mendoakan keselamatan bangsa dan negara, Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darul Ulum (IKAPPDAR) Jombang di Kabupaten Situbondo menggelar kegiatan dzikir dan doa bersama.

Pada kesempatan yang dihadiri sejumlah alumni Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang dan jama'ah Thoriqah Naqsabandiyah, Ketua IKAPPDAR Situbondo Junaidi Rofi menjelaskan tentang pentingnya bagi masyarakat Indonesia dalam meningkatkan kegiatan spiritual-keagamaan, misalnya menggelar dzikir dan doa bersama. Mengingat, kondisi Bangsa Indonesia akhir-akhir ini sering dilanda berbagai bencana, musibah maupun ujian dari Allah, mulai dari banjir, gempa bumi, longsor, dan musibah lainnya.

"Iya, diharapkan melalui dzikir dan do’a bersama, masyarakat Indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT," tuturnya. Minggu, (10/02/2019)

Lanjut, usai giat dzikir dan doa bersama, Ketua IKAPPDAR Situbondo menyampaikan tentang bagaimana menyikapi pelaksanaan Pemilu 2019 yang akan digelar sekitar dua bulan ke depan, dimana Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi untuk memilih calon wakil rakyat mulai dari pusat hingga tingkat daerah.

"Diharapkan semoga pelaksanaan Pemilu nanti dapat berjalan dengan kondusif, lancar dan sukses terutama terpilih wakil-wakil rakyat yang amanah, jujur dan berpihak kepada kepentingan masyarakat," kata Junaidi

Tidak hanya itu, Junaidi juga bermusyawarah tentang kontestasi politik di Situbondo tahun depan. Pihaknya menyadari bahwa pada tahun 2020, di kota santri ini akan diselenggarakan momentum demokrasi untuk pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

"IKAPPDAR Situbondo perlu menentukan sikap dan memberikan pandangan pada Pilkada tahun 2020 mendatang, sehingga terpilih pemimpin (Bupati) Situbondo yang amanah, jujur, bisa mengayomi semua lapisan masyarakat, dekat dengan tokoh masyarakat, para ulama, dan kyai. Begitulah kriteria yang kami harapkan,” tegas Junaidi

Kepada jamaah yang hadir, Junaidi mengungkapkan tentang sosok pemimpin yang harus terpilih menjadi Bupati nanti. Menurutnya, beliau harus memiliki segudang pengalaman dan berbagai prestasi dalam mengelola Pemerintahan Daerah. Seperti kriteria yang telah disepakati oleh alumni IKAPPDAR.

"Melalui tahapan musyawarah yang panjang serta pandangan yang matang, lalu hasilnya mengerucut kepada salah satu tokoh, seorang putra daerah yang layak memimpin Kabupaten Situbondo,” jelasnya

Junaidi kembali menjelaskan tentang Seorang tokoh yang dimaksud yakni "Karna Suswandi", beliau merupakan seorang figur asli putra daerah tepatnya kelahiran Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa. Selain beliau memiliki jiwa kepemimpinan dengan segudang pengalaman, pengabdian, kepedulian sosial dan banyak prestasi yang di raih, beliau juga aktivis Nahdlatul Ulama (NU). Pengabdiannya di kepengurusan (Bendahara) PCNU Bondowoso, serta kedekatan dengan para ulama', masyaikh dan kyai tidak diragukan lagi.

"Bahkan, beliau juga pernah menjabat Plh Bupati, Plt Sekda dan Kepala Dinas PUPR Bondowoso," ujar Junaidi

Selain pengabdian serta pengalaman di atas, Ketua IKAPPDAR Situbondo menyebutkan bahwa Karna Suswandi telah meraih berbagai prestasi yang membanggakan antara lain, Juara 1 lomba operasi dan Pemeliharaan (OP) tingkat Nasional kategori Kepala UPTD tahun 2015, terbaik pertama lomba OP Nasional kategori juru pengairan tahun 2016, Kemudian juara 1 lomba OP partisipatif (HIPPA) tingkat Nasional tahun 2017, serta prestasi lainnya di berbagai bidang.

"Berangkat dari dasar pemikiran dan pertimbangan tersebut, IKAPPDAR Situbondo menilai dan menentukan sikap bahwa "Karna Suswandi" merupakan tokoh yang layak dan mampu memimpin serta membangun Kabupaten Situbondo lebih baik," pungkasnya

Ar Rozy