4 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu di Era Digital Marketing
Cari Berita

Advertisement

4 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu di Era Digital Marketing

Kamis, 14 Maret 2019

4 Strategi Pemasaran Online Paling Jitu di Era Digital Marketing

TEKNOLOGI, (Ruangaspirasi.net) Strategi pemasaran merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam dunia bisnis. Karena diakui atau tidak, strategi pemasaran dapat mempengaruhi suatu produk di tengah persaingan pasar. Tanpa adanya perencanaan stretegi pemasaran yang matang, mustahil usaha industri bisa berkembang dengan maksimal.

Di era digitalisasi dewasa ini, sistem pemasaran juga terus mengalami perkembangan yang cukup pesat, seperti contoh dengan hadirnya E-Bisnis atau bisa disebut pemasaran online. Tentu, hal ini akan menjadi peluang besar bagi pembisnis untuk membangun omset serta meningkatkan penjualan dari hasil produk-produknya. Namun, tidak semua orang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut, perlu strategi khusus memulai bisnis, terutama bagi pemula. Oleh karenanya, melalui tulisan ini, penulis akan memberikan tips-tips pemasaran yang berkembang pada saat ini.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami bersama apa sih strategi pemasaran,? dan bagaimana memasarkan produk di era digital marketing.? Baik, agar memberikan pemahaman yang utuh penulis akan membahasnya satu persatu.

Pengertian Strategi Pemasaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata Pemasaran bermakna cara, proses, perbuatan memasarkan, menyebarluaskan suatu barang dagangan atau jasa kepada masyarakat (konsumen).

Semantara, secara definisi banyak para ahli memberikan pengertian tentang pemasaran, diantaranya adalah William J. Stanton seorang tokoh ekonomi dan pengusaha asal Amerika Serikat (AS) mengartikan, pemasaran adalah kegiatan tersistematis dari keseluruhan rangkaian bisnis mulai merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa kepada konsumen agar memberikan kepuasan pelayanan.

Apa Manfaat Pemasaran Online di Era Digital?

Wujud nyata kemajuan era digital masa kini yakni pesatnya perkembangan teknologi informasi. Tidak hanya berkembang pesat, tetapi juga sering berubah dengan sangat cepat. Hampir setiap detik penemuan baru selalu ditemukan dengan tujuan untuk meningkatkan atau menyempurnakan hasil teknologi sebelumnya.

Manfaat teknologi untuk bisnis sudah sangat kita rasakan sekarang, terutama teknologi informasi. Teknologi informasi tidak hanya digunakan untuk tujuan organisasi, tetapi juga untuk kebutuhan individu. Untuk organisasi teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Sedangkan untuk kebutuhan individu, teknologi digunakan untuk kepentingan pribadi seperti memaksimalkan usaha.

Melihat kemajuan tersebut, dapat dikatakan bahwa teknologi informasi telah memasuki semua bidang, salah satunya adalah di sektor bisnis. Bisnis tanpa menggunakan teknologi informasi tidak dapat maju dan terancam bangkrut. Banyak pelaku bisnis menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan industri dan mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Namun, dalam memanfaatkan teknologi informasi ini diperlukan langkah-langkah strategis. Sehingga, kemajuan era digital akan berdampak positif besar terhadap pemasaran produk dan mencapai target bisnis, seperti melakukan perencanaan. Berikut 3 strategi perencanaan memulai bisnis yang harus dilakukan:

1. Menentukan Tujuan Bisnis

Menentukan tujuan bisnis adalah pondasi awal untuk membangun usaha. Hal ini berkaitan dengan komitmen, visi-misi, target jangka pendek dan target jangka panjang yang akan dicapai pembisnis. Sehingga, dengan memantapkan tujuan bisnis dapat meminimalisir kerugian modal.

2. Membuat Basis untuk Klien atau Pelanggan

Untuk mendapatkan pelanggan atau membuat basis klien tidak selalu mudah diperoleh. Perjuangan untuk mendapatkan pelanggan harus melalui berbagai cara termasuk menganalisis pasar dengan cermat, memasarkan produk, dan menguji basis pelanggan.

Di era digital, internet adalah salah satu wadah alternatif yang tepat untuk digunakan sebagai tempat bertemu jutaan orang di seluruh dunia. Dengan demikian, mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dengan kehadiran grup besar di Internet.

3. Analisis Produk dan Pasar

Internet dapat menjadi tempat yang baik untuk melakukan riset pemasaran karena produsen atau perusahaan dapat langsung terhubung dengan pelanggan. Analisis pasar akan membantu perusahaan untuk mendapatkan ide dalam mengembangkan produk baru sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Setelah produk diluncurkan, perusahaan dapat memperoleh umpan balik pada tingkat kepuasan pelanggan dengan produk baru. Selain itu, perusahaan juga dapat mempelajari produk pesaing dengan mencarinya di Internet. Pengguna internet dapat memanfaatkan informasi yang ada untuk menganalisis produk dan bersaing. Hal Ini sangat memengaruhi munculnya lowongan untuk mencari ide-ide baru.

4 Strategi Pemasaran Online di Era Digital


Ada banyak strategi pemasaran online di era digital, tetapi berdasarkan analisis penulis terdapat 4 strategi jitu pemasaran yang relevan untuk diaplikasikan pengusaha dalam mengembangkan bisnis online. Diantaranya:

1. Strategi SEO

Search Engine Optimizatin (SEO) merupakan strategi yang banyak digunakan para pembisnis untuk melakukan pemasaran online. Selain terbukti dapat membentuk branding suatu produk, teknik pemasaran mengunakan SEO di Google bisa meningkatkan penjualan.

Kenapa demikian.? Karena manfaat penerapan SEO bisa membantu konsumen menemukan produk yang berkualitas dan sesuai kebutuhan malalui mesin pencari. Karena hampir setiap saat, ketika pengguna internet membutuhkan informasi, sebagian besar mereka akan menggunakan jasa gratisan om Google yang sampai saat ini bisa diandalkan.

2. Media Sosial

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), saat ini di Indonesia saja terdapat sekitar 63 juta orang pengguna internet. Dari jumlah data tersebut, 95% pengguna internet mengakses Media Sosial (Medsos).

Tentunya, dengan membaca data di atas, Medsos memiliki potensi besar dalam membantu pencarian target konsumen lebih efektif dan mengenal lebih dekat dengan pelanggannya. Dalam hal ini, ada banyak jejaring sosial yang bisa dimanfaatkan pembisnis online untuk mengembangkan usahanya, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dsb.

3. Membangun Website/Blog

Kenapa harus membangun Website.? Website merupakan salah alternatif pemasaran online yang mempunyai kontribusi tidak sedikit terhadap kemajuan perusahan. Rata-rata, semua perusahan ternama di dunia ini mengembangkan usahanya melalui pemasaran di website yang dibangun sendiri. Cara membuat Website pun tidak terlalu sulit, anda cukup menyediakan hosting dan domain sesuai nama perusahan atau nama produk. Tujuannya apa.? Untuk membantu konsumen menjangkau bisnis anda dan meningkatkan traffic penjualan. Hosting Terbaik  dan Domain Murah di Niagahoster

Secara objektif, ada 3 kelebihan membangun pemasaran online di website dibandingkan mendirikan toko offline, yakni: Harga yang efesien, Buka 24 jam serta bisa membangun kredibilitas suatu produk perusahaan.

4. Media Elektronik

Sampai hari ini, media elektronik tetap survive dan masih menjadi pilihan bagi pengusaha memperkenalkan produk industrinya kepada konsumen. Sarana ini, terbilang sudah klasik namun diakui masih manjur dalam menarik minat pelanggan melalui penayangan iklan di Media Elektonik seperti Radio, Televisi, Koran dsb. Meskipun cara ini efektif, strategi pemasaran media elektronik disarankan bagi bisnis yang sudah mulai berkembang. Hal ini berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk melalukan promosi produk di media elektronik.

Demikian uraian tentang 4 strategi pemasaran online yang banyak dilakukan pengusaha di era digital. Menurut analisis penulis, perkembangan teknologi informasi di era digital, selain memberikan manfaat positif, teknologi informasi juga dapat disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Karena itu, penggunaannya harus menggunakan-Nya dengan bijak, utamanya untuk membangun usaha.

Penulis berharap, semoga artikel ini bisa membantu pembaca dalam menjalankan dan mengembangkan sebuah bisnis online yang saat ini sedang ditekuni. "Be Smart Nitizen,"

Penulis: Mohammad Ainur Rafik