Kuatkan Kapasitas, BAWASLU Gelar TOT Bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Situbondo
Cari Berita

Advertisement

Kuatkan Kapasitas, BAWASLU Gelar TOT Bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Situbondo

Minggu, 24 Maret 2019


Kuatkan Kapasitas, BAWASLU Gelar TOT Bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Situbondo
Suasana Giat TOT Bagi Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Situbondo oleh BAWASLU.

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai upaya meningkatkan kapasitas serta profesionalitas, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Situbondo mengadakan Training Of Trainer (TOT) bagi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Situbondo.

Adapun delegasi peserta TOT diikuti oleh 3 Komisioner Panwaslu Kecamatan, ditambah satu Staf PHL yang berlangsung selama dua hari (Jum'at-Sabtu, 22-23/03/2019) di Auditorium Hotel Sidomuncul I Pasir Putih Kabupaten Situbondo Jawa Timur. 

Sujanto ketua Komisioner Panwaslu Kecamatan Kapongan menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai penguatan kapasitas Panwaslu untuk melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dan saksi Peserta Pemilu 2019.

"Iya, pastinya kegiatan ini untuk persiapan pelantikan dan Bimtek PTPS yang akan dilaksanakan serentak pada 25 Maret 2019, sementara Bimtek saksi masih menunggu kesiapan data saksi dari Peserta Pemilu. Hal ini menjadi berbeda karena yang merekrut PTPS adalah Panwaslu Kecamatan, sedangkan yang merekrut para saksi adalah peserta Pemilu," jelasnya

Disamping itu, Divisi SDM sekaligus Ketua Bawaslu Situbondo Murtapik, S.Sos menjelaskan, TOT ini dimaksudkan untuk menguatkan profesionalitas serta mempersiapkan Panwaslu Kecamatan,
 dalam memberikan Bimtek kepada PTPS dan Bimtek saksi peserta Pemilu, yaitu dengan menekankan pemahaman materi seputar PKPU 3 Tahun 2019 dan Perbawaslu 1 Tahun 2019.

"PTPS merupakan garda terdepan dalam jajaran Bawaslu yang nanti secara melekat mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, karenanya PTPS wajib mendapatkan pembekalan secara menyeluruh untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya," terang Murtapik yang familiar dengan nama Lopa itu.

Lebih lanjut Komisioner Bawaslu menjelaskan tentang adanya sedikit perbedaan pada penyelenggaraan pesta demokrasi saat ini. Dimana Pemilu-Pemilu sebelumnya, seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan saksi diserahkan kepada partai. Namun, untuk Pileg-Pilpres 2019 konteksnya berbeda, dimana pelatihan semua saksi diserahkan ke Bawaslu.

"Yang jelas ini menjadi tantangan buat kami. Makanya, kegiatan TOT diharapkan bisa memberikan wawasan lebih kepada personil Panwaslu Kecamatan yang akan memberikan Bintek langsung kepada PTPS dan saksi nantinya," harapnya

Selanjutnya Devita Yustiari Dewi, S.H selaku Kordinator Divisi Data dan Informasi menambahkan, giat kali ini selain untuk meningkatkan kualitas, juga sebagai bekal bagi Panwaslu Kecamatan dalam melakukan Bimtek bagi PTPS dan Saksi Parpol.

"Tentunya, kami berharap pelaksanan Pemilu 2019 berjalan dengan aman, damai dan bermartabat," singkatnya

Fikhan/Ar Rozy