Bahaya Kabut Asap Terhadap Kesehatan, Ekonomi dan Pendidikan
Cari Berita

Advertisement

Bahaya Kabut Asap Terhadap Kesehatan, Ekonomi dan Pendidikan

Senin, 23 September 2019


PONTINAK (Ruangaspirasi.net) Dampak dari bahanya kabut asap yang disebabkan oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) merupakan bencana alam yang melanda berbagai wilayah Indonesia dan bahkan seluruh dunia.

Wilayah Kalimantan Barat yang juga juga terdampa dan menyebabkan kondisi udara yang sangat buruk menjadikan sebuah masalah baru bagi masyarakat maupun pemerintah kota pontianak.

Meskipun sudah melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan, penanganan dan penanggulangan bencana asap tersebut, kota Pontianak masih saja menjadi objek atau sasaran dari kabut asap. Dapat dilihat dari kondisi yang ada di kota pontianak tidaklah ada sebuah kebakran, akan tetapi yang menyebabkan kabut asap tersebut kiriman dari wilayah luar. Sehingga kota pontianak menjadi sasaran asap.

Banyak kerugian yang rasakan dari dampak kabut asap terseut, mulai dari kesehatan dan bahkan konsisi perekonomian dan lainnya.

Kondisi udara yang sangat buruk dan berbahaya bagi kesehatan Pemerintah Kota Pontianak terpaksa meliburkan anak-anak sekolah, karena bahanya kondisi udara saat ini. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat menghadiri Louncing Mahasiswa Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Auditorium Universitas Tanjungpura, (20/9).

"Kami mengajak kepada seluruh masyarakat kota Pontianak berdoa bersama agar diturunkan hujan yang berkah bagi kota Pontianak guna untuk menghilangkan kabut asap," ujarnya.

Edi menyebutkan bahwa yang sangat berdampak dari tebalnya kabut asap adalah transportasi yang juga ikut terganggu, mulai transportasi air, darat dan udara. Pihaknya pun sudah koordinasi dengan Upt-Upt yang terkait untuk segera menangani masalah tersebut.

“Misalnya penanganan api, BPD bersama PU, lurah juga ikut mengawasi. Jadi semua bergerak untuk mengawasi dan mensosialisasikan, mengamati kesehatan akibat kebakaran hutan dan lahan," jelasnya.

Terkait kabut asap yang terjadi di kota Pontianak juga berpengaruh terhadap kondisi ekonomi yang berada di pasar kota pontianak.

"Ada beberapa yang naik dan ada juga beberapa yang masih tetap, yang dipengaruhi oleh produksi dan distribusi," pungkasnya.

Rokib