Bangun Sinergitas, Para Pendamping Kecamatan Kapongan Gelar Rakor Bersama
Cari Berita

Advertisement

Bangun Sinergitas, Para Pendamping Kecamatan Kapongan Gelar Rakor Bersama

Jumat, 20 September 2019

Bangun Sinergitas, Para Pendamping Kecamatan Kapongan Gelar Rakor bersama
Rapat Koordinasi para Pendamping Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo bersama lembaga terkait.

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Upaya membangun soliditas dan sinergitas, para pendamping bersama pihak berwenang menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) tentang pelaksanaan dan evaluasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di wilayah Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Kegiatan ini berlangsung di kediaman Ibu Amilda Pemilik E warung Amilda Desa Peleyan.

Adapun Rakor tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, baik pendamping di Kecamatan Kapongan (PKH dan TKSK), hadir pula perwakilan Kepolisian Sektor Kapongan, serta perwakilan Danramil dan anggota Koramil sebagai Satgas pengawasan BPNT, termasuk perwakilan Asisten Branchless Banking (ABB) beserta seluruh paguyuban E warung se-Kecamatan Kapongan.

BACA JUGA: PESAN TERAKHIR BJ HABIBIE PRESIDEN RI KE-3 SEBELUM WAFAT

Taufiq Hasan selaku pendamping TKSK Kapongan menjelaskan, pertemuan kali ini berawal dari inisiasi antar pendamping di Kecamatan Kapongan beserta ABB BNI untuk melakukan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak yang berkaitan dengan BPNT.

"Maksud dan tujuan Rakor ini untuk menyamakan persepsi serta membangun sinergi, terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pendampingan dalam merealisasikan bantuan sosial," jelasnya

"Selain itu, ketika dijumpai permasalahan tentang BPNT maka kita akan melakukan pendampingan serta pengawasan bersama untuk dapat diselesaikan secara bijaksana. Sebab hakikatnya para pendamping memiliki tujuan yang sama, yakni memastikan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial, maupun masyarakat desa di Kecamatan Kapongan menerima haknya sesuai dengan harapan," tambah pria asal Desa Wonokoyo itu.

BACA JUGA: BERHADIAH TOTAL 60 JUTA, KEMENDIKBUD RI GELAR FESTIVAL FILM PENDEK BERBAHASA DAERAH


Disamping itu, Erwan selaku perwakilan ABB BNI Cabang Situbondo mengatakan, Rakor semacam ini penting digelar secara rutin anjangsana, sebab dengan intensitas pertemuan antar pendamping bersama pemilik E warung maka sinergitas serta soliditas dapat dibangun.

"Kami sangat mengapresiasi rakor ini, sebab telah banyak hal yang didiskusikan sekaligus dicarikan solusi bersama. Sehingga diharapkan pertemuan koordinasi semacam ini dapat konsisten diselenggarakan untuk membangun Kecamatan Kapongan menjadi lebih baik," terang Erwan

BACA JUGA: LOWONGAN KERJA BUMN PLN GROUP

Sementara pendamping PKH Kecamatan Kapongan Sulhaedi menerangkan, para pendamping (PKH dan TKSK) harus solid dan sinergis dalam menjalankan tupoksinya agar segala hal yang berkaitan dengan fenomena maupun problem yang berpotensi terjadi di lapangan lebih mudah dan cepat terselesaikan.

"Kita semua telah sepakat, sesama pendamping bersama pihak terkait adalah satu keluarga, menjadi wajar jika kita saling bahu-membahu untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, desa mandiri dan terbuka, utamanya tentang hak KPM atas bantuannya," harapnya

Selanjutnya menurut informasi yang dihimpun media ruangaspirasi.net, pada giat rakor tersebut telah menghasilkan banyak kesepakatan dan catatan tentang keberadaan E warung, penyaluran BPNT dan potensi persoalan KPM di Wilayah Kecamatan Kapongan, mulai dari problem maupun kendala di lapangan, potensi masalah yang akan/telah terjadi dan termasuk pelanggaran. Oleh karenanya, melalui rakor ini terdapat langkah nyata serta follow up bersama dalam penyelesaian. Berikutnya, diharapkan dapat mewujudkan Kecamatan Kapongan prima dan masyarakatnya aman sejahtera.

Ar Rozy