Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sosialisasi Pengembangan Desa Wisata
Cari Berita

Ruang Aspirasi Kreatif Membangun negeri

Advertisement

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sosialisasi Pengembangan Desa Wisata

Jumat, 14 Februari 2020

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sosialisasi Pengembangan Desa Wisata
Sosialisasi Pengembangan Desa Wisata Melalui Pendampingan Tahun 2020

PALEMBANG (Ruangaspirasi.net) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan sosialisasi guna meningkatkan kapasitas dan kemajuan desa wisata. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan Pelatihan dan Informasi (BALILATFO) Eko Sri Haryanto Kementrian Desa dan PDTT.

Acara yang yang berlangsung tanggal 12 Februari 2020 di Hotel Aston Palembang melibatkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa dan PDTT, Kabid Program dan Materi Pusat Pelatihan Masyarakat, Kabag PEP, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Desa dan PDTT, Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa dan PDTT, Asdep Pengembangan Wisata Budaya, Kemenparekraf, Kepala Bidang Pengembangan Wisata Pedesaan dan Perkotaan, Kepala Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata, Kasubbid Gerakan Sadar Wisata, Kasubbid Kemitraan Usaha Masyarakat dan Staf Bidang Pengembangan Masyarakat Pariwisata.


Eko Sri Haryanto Kepala BALILATFO Kementrian Desa dan PDTT menyampaikan, sosialisasi ini sebagai upaya untuk menggali potensi yang ada di masing-masing desa serta bisa diberdayakan dalam meningkatkan perekonomian desa. Khususnya di bidang pariwisata berikut potensi-potensi lainnya.

"Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten sudah siap untuk melakukan pendampingan penataan dan untuk pengembangan, baik secara kebijakan maupun penganggaran,” kata Eko.

Lanjut kata Eko, salah satu program unggulan Kemendes PDTT yaitu BUMDes. Mengenai desa wisata pengelolaannya akan diserahkan ke BUMDes masing-masing desa, tentunya harus didampingi dengan memberikan pelatihan dan program lainnya.

"Harapannya dengan munculnya desa wisata di unit usaha pariwisata dapat menggerakkan ekonomi desa, meningkatkan PAD dan pendapatan masyarakat desa, itu semua dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat,” cetusnya

Kementrian Desa melalui BALILATFO saat ini sedang gencar melakukan pelatihan pendampingan, penyuluhan dan pembinaan-pembinaan kepada tiga Provinsi untuk bisa memberdayakan potensi SDM dan SDA.

"Harapan kita, Dana Desa oleh Kemendes PDTT dapat menggerakkan ekonomi desa melalui sektor Desa Wisata di seluruh Indonesia. Terlebih lagi, Desa bisa berubah dari yang lambat pergerakannya menjadi maju dan mandiri," harap Eko

(M.A.R)