Ratusan Siswa Tingkat SLTA Situbondo Ikuti UNBK Kejar Paket C
Cari Berita

Advertisement

Ratusan Siswa Tingkat SLTA Situbondo Ikuti UNBK Kejar Paket C

Jumat, 27 April 2018


SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Sekitar 378 siswa tingkat SLTA di Kabupaten Situbondo mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) kejar paket C yang terselenggara pada 37 titik, salah satunya di SMK 1 Panji Situbondo. Jum'at, (27/04/2018)

Ummi Salamah, M. Pd, selaku ketua penyelenggara UNBK induk dari PKBM Nurul Ulum menyatakan, adanya UNBK kejar paket C ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para siswa dalam menyelesaikan sekolahnya.

"Harapannya, mereka yang ikut UNBK kejar paket C tidak ketinggalan dengan ujian yang formal. Sehingga ijazahnya nanti juga bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah ataupun untuk melamar pekerjaan," terangnnya


Lanjut Ummi Salamah menjalaskan, dalam pelaksanaan UNBK kejar paket C di SMK 1 Panji sedikit terdapat kendala, yakni kurangnya pemahaman dari siswa terhadap perangkat yang digunakan dalam ujian. 

"Memang sebelumnya kami sudah memberikan simulasi terhadap para siswa. Namun, yang menjadi kendala adalah karena peserta ujian ini rata-rata usianya sudah mencapai antara 18 sampai 50 tahun, bahkan ada yang 70 tahun. Sehingga kepekaannya mulai berkurang," tambahnya

Selain itu, pelaksanaan ujian yang akan berlangsung selama 4 hari juga mendapat apresiasi dari Hasanah Thahir, M. Pd, selaku anggota komisi IV DPRD Situbondo. Menurutnya, meski terdapat berbagai kendala yang dihadapi oleh para siswa baik dari faktor usia maupun ekonomi, tetapi mereka tetap bersemangat untuk menuntaskan pembelajaran dengan mengikuti UNBK kejar paket C ini. 

"Sebagaimana amanah undang-undang, kita sebanarnya berkewajiban untuk menuntaskan pendidikan 12 tahun. Oleh karena itu, secara pribadi saya mengapresiasi dengan adanya pelaksanaaan UNBK kejar paket C ini. Apalagi semangat para siswa masih tinggi, sehingga ini yang perlu dicontoh anak-anak siswa yang lain," pungkas Hasanah TAhir, M. Pd, Komisi IV DPRD Kabupaten Situbondo fraksi PPP.


Sementara, Surinaryono (52) salah satu peserta UNBK kejar paket C asal Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa mengungkapan rasa kebanggaannya bisa mengikuti ujian ini, meskipun ada kesulitan tapi ketikan dihadapi dengan tenang semuanya berjalan lancar "ini merupakan modal awal saya untuk memenuhi persyaratan ke jenjang selanjutnya," ungkapnya

Redaksi