Manfaatkan SDA, Sejumlah Pemuda Gagas Wisata Pemandian di Pakuniran-Probolinggo
Cari Berita

Advertisement

Manfaatkan SDA, Sejumlah Pemuda Gagas Wisata Pemandian di Pakuniran-Probolinggo

Minggu, 18 November 2018

Wisata pemandian di desa sumber kembar, kecamatan pakuniran,  kabupaten probolinggo.
Nampak sejumlah masyarakat sedang menikmati 'Wisata Pemandian' di Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. 

PROBOLINGGO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai langkah memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Inovasi Daerah pedesaan, sejumlah pemuda Desa menggagas wisata alam dan pemandian di Dusun Taman, Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo.

Sebagaimana pantauan media ruangaspirasi.net, wisata Desa pemandian tersebut memiliki nilai yang cukup eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Selain lokasi alam yang elok dengan kolam pemandian bagi anak-anak, dewasa maupun keluarga, terdapat pula beberapa arena permainan. Wisata ini juga mudah dijangkau oleh masyarakat dan para wisatawan, hanya dengan membayar tiket Rp. 2000, pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas wisata yang tersedia.

Menurut Firdaus selaku Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Kembar mengatakan, keberadaan wisata pemandian ini tergolong wisata baru yang direncanakan dan dirintis pada bulan April 2017.

"Meski tergolong wisata baru, wisata pemandian ini telah menjadi wisata pilihan bagi masyarakat setempat yang ingin bersantai, menyegarkan pikiran dan melepas penat dari berbagai kesibukan," terang Firdaus. Sabtu, (17/11/2018)

Disamping itu, ketua Karang Taruna Desa Angga menjelaskan, wisata yang berkapasitas 70-100 orang ini diinisiasi dan dirumuskan oleh pemuda Karang Taruna Desa, dengan dibantu masyarakat sekitar yang memiliki harapan akan adanya wisata di Desa Sumber Kembar. Hal ini dikarenakan, Desa Sumber Kembar dikenal dengan wilayah yang memiliki sumber mata air berlimpah dan pemandangan indah.

"Sebenarnya wisata pemandian ini barangkat dari keinginan bersama untuk mengembangkan Desa melalui pemanfaatan SDA yang melimpah, seperti dilakukan sebagian desa lain yang telah memiliki usaha berupa wisata. Kemudian kami bersyukur, saat ini sudah ada CSR pembangkit Jawa-Bali yang bersedia membantu dalam proses pengembangan wisata Desa Sumber Kembar,” pungkas  Angga pemuda Desa Sumber Kembar.

Lebih lanjut PJ Kepala Desa Abd. Ghani mengungkapkan, Program pengembangan wisata Desa ini merupakan sebuah agenda yang telah direncanakan dan dirumuskan Kades sebelumnya yang baru terealisasi pada tahun 2017 di masa PJ pemerintahan Desa sekarang.

"Alhamdullah respon masyarakat cukup baik dan antusias, sebab selain bisa mengedukasi warga, juga dapat mengembangkan ekonomi masyarakat sekitar,” ungkapnya penuh semangat.

"Selanjutnya kami akan terus melakukan inovasi dan pengembagan terhadap wisata Desa ini, sehingga nantinya wisata pemandian dapat menjadi pilihan utama masyarakat. Khususnya bagi masyarakat sekitar Kecamatan Pakuniran, Paiton, lebih-lebih masyarakat Kabupaten Probolinggo," harap Abd. Ghani.

Edi/Ar Rozy