Tukar Ide dan Gagasan Pembangun Desa, Bursa Inovasi Desa di Situbondo Kembali Digelar
Cari Berita

Advertisement

Tukar Ide dan Gagasan Pembangun Desa, Bursa Inovasi Desa di Situbondo Kembali Digelar

Selasa, 20 Agustus 2019

Tukar Ide dan Gagasan Pembangun Desa, Bursa Inovasi Desa di Situbondo Kembali Digelar
Suasana Pembukaan Bursa Indovasi Desa Cluster Tengah di Kabupaten Situbondo. (Foto: Istimewa) 

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan inovasi kegiatan-kegiatan pembangunan desa, Bursa Inovasi Desa (BID) di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur kembali digelar. Selasa, (20/08/2019)

Bertempat di aula PG Wringin Anom Panarukan, pelaksanaan BID Cluster Tengah ini diikuti oleh 5 Kecamatan. Yakni, Kecamatan Bungatan, Kecamatan Panarukan, Kecamatan Kendit, Kecamatan Panji dan Kecamatan Mangaran.

Tenaga Ahli Tim Pendamping Profesional P3MD Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno menjelaskan, selain sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan kegiatan-kegiatan inovatif, BID juga menyajikan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh desa-desa, baik di tingkat lokal maupun nasional.

"Bursa ini dilakukan, sebagai ajang pertukaran ide dan gagasan kegiatan-kegiatan inovatif yang dilaksanakan oleh desa dengan menyajikan sejumlah menu kegiatan," jelasnya.

VIDEO POPULER: E-PKH Penuh Cerita | Lagu Kenangan Bikin Baper Pendamping PKH
Tidak hanya itu, kata Hadi terdapat beberapa menu kegiatan yang ditawarkan, seperti berupa dokumen pembelajaran inovasi desa serta kegiatan unggulan yang sudah dilaksanakan baik di Kabupaten Situbondo maupun kegiatan yang dilaksanakan di desa tingkat nasional.

"Menu tersebut nantinya bisa dipilih oleh desa yang membutuhkan dengan menandatangani kartu komitmen," terang Hadi usai kegiatan BID.

Lanjut Hadi berharap, berbagai kegiatan yang telah disajikan dalam BID tersebut nantinya bisa direplikasi oleh desa-desa lain yang membutuhkan terhadap desa-desa maju dengan inovasi-inovasinya.

"Semoga kegiatan bursa ini dapat memacu desa-desa lebih maju dan berinovasi lagi, sehingga dapat menumbuhkan daya ungkit masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi," tandas Hadi.

Sementara itu, koordinator Bursa Inovasi Desa cluster tengah, Lutfi Zainullah berharap agar dengan pelaksanaan BID ini dapat membangun desa selaras dengan visi pembangunan Presiden.

"Kami berharap, agar pelaksaan bursa inovasi ini bisa membangun desa menjadi lebih maju sehingga selaras sejalan dengan visi Presiden yakni membangun indonesia dari pinggiran," harapnya.

Pantauan dilapangan, dalam pembukaan Bursa Inovasi Desa cluster tengah tersebut dihadiri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Situbondo yang diwakili oleh Kabid Bina Desa, Yogie Kripsian sah.

Selain itu, BID ini juga dihadiri oleh seluruh kepala desa dan perwakilan tokoh masyarakat di lima kecamatan, seluruh pengurus TPID dari lima kecamatan dan seluruh Tim Pendamping Profesional yang berlokasi tugas di lima kecamatan termasuk Tenaga Ahli Kabupaten.

(M.A.R)