Belum Sepekan Dilantik, Kades Kesambirampak Kapongan Gelar Kerja Bakti Normalisasi Aliran Sungai
Cari Berita

Ruang Aspirasi Kreatif Membangun negeri

Advertisement

Belum Sepekan Dilantik, Kades Kesambirampak Kapongan Gelar Kerja Bakti Normalisasi Aliran Sungai

Jumat, 03 Januari 2020

Belum Sepekan Dilantik, Kades Kesambirampak Kapongan Gelar Kerja Bakti Normalisasi Aliran Sungai
Pemerintah Desa Kesambirampak gelar kerja bakti normalisasi aliran sungai bersama warga. (Foto: Istimewa)

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Belum sampai 1 minggu Kepala Desa (Kades) Kesambirampak terpilih dilantik, Legiono membuat gembrakan dengan melaksanakan kerja bakti normalisasi sungai bersama warga di Dusun Krajan, Desa Kesambirampak, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Jum'at (03/01/2020)

"Alhamdulillah, ini adalah hari kedua saya selaku Kepala Desa masuk kantor. Pada hari ini saya mengajak Pemerintah Desa, BPD, Babinsa, Kepala Dusun, Rt/Rw dan warga setempat untuk kerja bakti menindaklanjuti pengaduan masyarakat di Dusun Krajan berkaitan normalisasi saluran air," terang Legiono Kades Kesambirampak.

BACA JUGA: MAN 1 Situbondo Raih Penghargaan Madrasah Paling Inspiratif di Jawa Timur

Lanjut Kades yang akrab disapa Yoyon itu menjelaskan, bahwa berdasarkan investigasi sebelumnya adanya luapan air tersebut disebabkan tumpukan sampah yang mengakibatkan tersumbatnya saluran air. Sehingga di sela-sela gotong royong, Yoyon menghimbau kepada warganya agar ramah lingkungan.

"Saya berharap agar kedepannya tidak membuang sampah sembarangan, jaga kebersihan lingkungan dan buang sampah pada tempatnya. Jangan sampai membuang sampah ke sungai lagi yang dapat mengakibatka saluran air tersumbat. Kita harus ramah pada lingkungan, karena bersih itu sehat," tegas Kades Kesambirampak penuh harap.

Sementara, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kesambirampak memberikan apresiasi atas langkah cepat dan tepat yang dilakukan oleh Kades Kesambirampak guna mengantisipasi sedini mungkin adanya penyumbatan saluran air sungai. Hal ini juga bisa menekan dampak lebih besar luapan air yang masuk ke pemukiman warga.

BACA JUGA: Kesempatan Menjadi Seorang Penulis Bersama Ruang Aspirasi

"Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kepala Desa. Sebab jika tidak dilakukan pengurukan dan pembersihan sampah yang berserakahan di sungai tersebut, tidak menutup kemungkinan di musim hujan seperti ini luapan airnya akan menggenangi pemukiman warga," kata Sulhaedi Wakil BPD Kesambirampak.

"kami juga berharap, dengan adanya gebrakan Kapala Desa ini menjadi awal yang baik untuk membangun sinergitas antara Pemerintah Desa dengan BPD dan lembaga lainnya, lebih-lebih bersama masyarakat untuk mewujudkan Desa Kesambirampak kedepan lebih maju," pungkas Sulhaedi

(MA)