Implementasi Desa Cerdas, Pemdes Demung Gelar Orientasi RKDD -->
Cari Berita

Advertisement

Implementasi Desa Cerdas, Pemdes Demung Gelar Orientasi RKDD

Redaksi
Minggu, 13 Agustus 2023

Implementasi Desa Cerdas, Pemdes Demung Gelar Orientasi RKDD
Orientasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, Program Desa Cerdas Kementerian Desa PDTT RI. (Foto: doc. RKDD Demung)


SITUBONDO (ruangaspirasi.net) Pemerintah Desa (Pemdes) Demung Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo, menggelar orientasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD). Sabtu, (12/08/2023)


Kegiatan ini merupakan implementasi Program Desa Cerdas Kementerian Desa Pembangun Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat desa melalui peningkatan literasi  dan pemanfaatan teknologi guna menyelesaikan permasalahan di segala aspek pembangunan desa.


“Jadi, Progam Desa Cerdas menjadi alat untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan desa dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas pembangunan dan penggunaan dana desa”, jelas Ahmad Ridwan Duta Digital Kabupaten Situbondo.


Lanjut, pria yang akrab disapa Wawan memaparkan, terdapat 6 pilar Desa Cerdas yang menjadi fokus capaian program ini, yakni mobiltas cerdas, tata kelola cerdas, ekonomi cerdas, masyarakat cerdas, hidup cerdas dan lingkungan cerdas.


“Tentunya, output program Desa Cerdas diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan konektivitas dan akses internet yang lebih inklusif, akses layanan dasar yang lebih baik, pemberdayaan masyarakat dalam pemecahan masalah lokal desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat”, tambahnya.


Baca Juga: Luanching Ruang Komunitas Digital Desa, ini Harapan Kepala Desa Sumberkolak!


Sementara, Kepala Desa Demung mengapresiasi dan menyambut positif kegiatan Desa Cerdas. Menurutnya, sudah saatnya desa melakukan akselerasi pembangunan berbasis digital di segala sektor. Mengingat, teknologi informasi saat ini berkembang semakin pesat.


“Saya mengapresiasi adanya program Desa Cerdas, ini adalah program yang bagus dan dapat menjawab tantangan global di era digital, melalui penguatan literasi digital serta kegiatan pemberdayaan teknologi kepada masyarakat", tegasnya.

 

“Saya juga berharap, dengan pemanfaatan teknlogi digital, Desa Demung semakin maju melesat. Pelayanan kita semakin baik, serta bisa mengangkat potensi-potensi desa. Kemudian melihat peluang ini, saya juga optimis Desa Demung bisa meraih juara Lomba Desa tingkat Kabupaten di tahun 2024, khususnya pada sektor digitaliasi”, pungkasnya.



Di sisi lain, Kader Digital Desa Demung menjelaskan, kegiatan orientasi ini dimaksudkan untuk penguatan kapasitas tim pengelola RKDD dalam mengembangkan Desa Cerdas,


“Guna terwujudnya Desa Cerdas di Desa Demung, kita sudah membentuk tim pengelola RKDD dari berbagai unsur melalui SK Kepala Desa. Jadi kegiatan orientasi ini sebagai penguatan kapasitas tim pengelalola RKDD tersebut”, kata Abdul Latif.


“Selain itu, adanya RKDD Demung ini sebagai sarana diskusi dan pemberbadayaan teknologi digital bagi masyarakat. Di tahun 2023, kami juga telah merencanakan berbagai kegiatan literasi digital, yang dapat bermanfaat dalam pengembangan skill SDM Desa ”, pungkasnya.