Launching Ruang Komunitas Digital Desa, Ini Harapan Kepala Desa Sumberkolak! -->
Cari Berita

Advertisement

Launching Ruang Komunitas Digital Desa, Ini Harapan Kepala Desa Sumberkolak!

Redaksi
Sabtu, 12 Agustus 2023

Launching Ruang Komunitas Digital Desa Program Desa Cerdas, Ini Harapan Kepala Desa Sumberkolak!
Launching dan Orientasi Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, Program Desa Cerdas Kementerian Desa PDTT RI. (Foto: Doc. RKDD Sumberkolak)

SITUBONDO (ruangaspirasi.net) Pemerintah Desa Sumberkolak Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo melaunching Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD), Program Desa Cerdas Kementerian Desa PDTT RI. Jum’at, (11/08/2023).


Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Sumberkolak ini dihadiri oleh Duta Digital Kabupaten Situbondo, Kader Digital Desa dan diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai unsur.


Kepala Desa Sumberkolak, Supandi dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya RKDD, diharapkan dapat menjadi sarana bagi masyarakat sebagai tempat diskusi, pengembangan keahlian digital dan pemberdayaan teknologi  untuk pembangunan desa berkelanjutan.


“Adanya RKDD Program Desa Cerdas ini, tujuannya untuk menfasilitasi masyarakat Sumberkolak dalam penggunaan teknologi yang lebih bermanfaat”. Kata Supandi


“Makanya sebagai rangkaian kegiatan launching, kami telah merencanakan berbagai kegiatan pelatihan literasi digital, supaya Pemerintah Desa dan masyarakat Sumberkolak dapat bersaing di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat”. Imbuh Kepala Desa Sumberkolak



Lanjut, Supandi juga berharap agar output dari kegiatan Program Desa Cerdas bisa mengangkat potensi yang ada di desa, baik melalui media sosial dan platform-platform digital yang berdampak terhadap kemajuan ekonomi masyarakat Sumberkolak.


“Mari kita manfaatkan kegiatan ini sebaiknya-baiknya. Tentunya, saya berharap melalui program Desa Cerdas, kita dapat mengangkat potensi Desa Sumberkolak, seperti UMKM, ekonomi kreatif dan parawisata”. Pungkasnya


Sementara, Rizal Ruswandi Kader Digital Sumberkolak menjelaskan, adapun tujuan Program Desa Cerdas Kementerian Desa PDTT RI, yakni untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi guna menunjang beragam aktifitas keseharian serta layanan kepada masyarakat desa.


“Ada 6 Pilar Desa Cerdas yang menjadi fokus capaian progam ini, meliputi: 1. Mobilitas Cerdas, 2. Tatakelola Cerdas, 3. Masyarakat Cerdas, 4. Ekonomi Cerdas, 5. Lingkungan Cerdas, dan 6. Hidup Cerdas”. Singkatnya


Usai launching, acara yang berlangsung dari pukul 18.00 WIB, dilanjutkan dengan penyampaian materi orietasi RKDD yang diisi oleh Duta Digital Kabupaten Situbondo.