Maksimalkan Potensi Wisata, RKDD Talempong akan Manfaatkan Teknologi Digital -->
Cari Berita

Advertisement

Maksimalkan Potensi Wisata, RKDD Talempong akan Manfaatkan Teknologi Digital

Redaksi
Selasa, 15 Agustus 2023

Maksimalkan Potensi Wisata, RKDD Talempong akan Manfaatkan Teknologi Digital
Foto bersama usai kegiatan orientasi RKDD Talempong Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo, Program Desa Cerdas Kementerian Desa. (Foto: Doc. RKDD Talempong)


SITUBONDO (ruangaspirasi.net) Ruang Komunitas Digital Desa (RKDD) Talempong Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo, akan memaksimalkan potensi wisata dengan memanfaatkan teknologi digital. Demikian disampaikan Firman Riskiyanto, bahwa Desa Telampong memiliki distinasi wisata yang cukup bagus, namun saat ini vakum akibat Covid-19.


“Ya, kita memiliki wisata air terjun Talempong yang potensial untuk dikembangkan. Tetapi sejak Covid-19, wisata ini mengalami penurunan pengunjung. Alhamdulilah dengan adanya Program Desa Cerdas Kementerian Desa, kita akan branding kembali wisata air terjun Talempong tersebut melalui pemanfaatan teknologi digital”. Terang Kader Digital Desa Talempong saat memberi sambutan pada acara orientasi RKKDD Talempong. Selasa, (15/08/2023).


“Misalnya, kita akan angkat wisata air terjun talempong dengan pembuatan konten-konten kreatif di berbagai platform media sosial. Sehingga, potensi wisata kita nantinya tidak hanya dikenal di tingkat Kabupaten, tetapi juga sampai Nasional”. Tambahnya.


Senada hal tersebut, Sahri Pokdarwis Desa Talempong mendukung rencana yang akan dilakukan RKDD Talempong. Menurutnya, ini kesampatan yang baik untuk mengorbitkan kembali potensi wisata.



“Saya yakin, dengan keahlian digital pemuda desa Talempong khususnya yang tergabung dalam RKDD, potensi wisata kita seperti air terjun air Talempong akan semakin berkembang dan dikenal. Kalau sudah dikenal, yang pasti nantinya akan berdampak terhadap kemajuan ekonomi masyarakat ”. Singkatnya.


Tidak hanya di sektor parawisata, Ahmad Ridwan Duta Digital Kabupaten Situbondo menekankan agar program Desa Cerdas juga dapat meningkatkan UMKM dan tata kelola Pemerintahan Desa berbasis Digital.


“Ada 6 pilar output capaian Desa Cerdas, yakni mobilitas cerdas, tata kelola cerdas, masyarakat cerdas, ekonomi cerdas, lingkungan cerdas dan hidup cerdas.” Paparnya.


“Selain itu, tujuan program Desa Cerdas adalah meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi untuk menunjang beragam aktifitas keseharian dan layanan kepada masyarakat desa”. Pungkas pria yang akrab disapa Wawan.


Dikonfimasi terpisah, Kepala Desa Talempong mengapresiasi dan akan mensupport program Desa Cerdas. Ia berharap RKDD Talempong menjadi sarana bagi masyarakat sebagai tempat diskusi dan pengembangan keahlian digital.


“Saya berharap program Desa Cerdas dapat memberdayakan masyarakat dalam penggunaan teknologi, lebih-lebih bermanfaat untuk pembangunan desa yang berkelanjutan”. Tegas Yon Haryono penuh harap.