Hari Ke- II Pembinaan Penanggulangan Bencana, BPBD Situbondo Ajak Relawan Kurangi Resiko Bencana
Cari Berita

Advertisement

Hari Ke- II Pembinaan Penanggulangan Bencana, BPBD Situbondo Ajak Relawan Kurangi Resiko Bencana

Jumat, 13 Juli 2018

Hari Ke-II Pendataan dan Pembinaan Ormas dan Lembaga Masyarakat, (Jum'at, 13/07/2018) di Aula PG Panji

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Peran serta elemen masyarakat dalam mengurangi resiko bencana adalah suatu hal yang signifikan. Dalam hal ini, partisipasi dari para relawan selalu menjadi harapan pemerintah.

Sebagaimana dijelaskan Gaguk Dian Prakrista, SE pemateri di hari ke-II "Pendataan dan Pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas) Tentang Penanggulangan Bencana" yang dilaksanakan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo bahwa, tugas penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama, baik dari pemerintah maupun relawan.

"Dalam mengurangi resiko bencana, peran relawan tidak hanya ketika tanggap darurat, tetapi juga saat pra bencana, serta pemulihan," jelas Gaguk Kasi Pencegahan BPBD Situbondo. Jum'at, (13/07/2018)


"Tugas Relawan Pra Bencana misalnya, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang potensi bencana di suatu wilayah, dan ikut serta dalam pengelolaan/pemberdayaan SDA," tambahnya

Kepada ratusan peserta Pendataan dan Pembinaan Ormas dan Lembaga Masyarakat, Gaguk berharap, dengan adanya peran serta relawan diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah di Kabupaten Situbondo berjalan dengan lancar.

"Saya berharap kepada relawanbisa bersinergi, bersama-sama mewujudkan sekolah aman bencana, desa tangguh bencana dan Kabupaten Situbondo bebas bencana," harapnya

Redaksi