Polres Situbondo dan Kemenag Jalin Kerja Sama Perekrutan Da’i Kamtibmas -->
Cari Berita

Advertisement

Polres Situbondo dan Kemenag Jalin Kerja Sama Perekrutan Da’i Kamtibmas

Redaksi
Sabtu, 11 Agustus 2018

Kapolres Situbondo Menandatangi MOU Kesepakatan
Perekrutan Da'i Kamtibmas Dengan Kemenag Situbondo. (Foto: Sumber Humas Polres Situbondo) 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Kepolisian Resort (Polres) Situbondo bersama Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Situbondo menandatangi MOU atau kesepakatan kerja sama dalam perekrutan penyuluh Non PNS menjadi Da’i Kamtibmas. Jum'at, (10/0872018)

Kegiatan MOU yang digelar di Aula Kemenag Situbondo jalan PB. Sudirman dihadiri Kasat Binmas AKP Supariyono, SS, Kasi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Rifandi Junaidi S.Ag M.Pd, Kasi Bimas Islam H. Imam Turmidzi S.Ag, M.Hi, Ketua IKSASS Ustadz Aburowi S.Ag, Ketua FKUB  HM Yusron Shofrowi S.Ag.

Dalam sambutannya, Kapolres Situbondo menyampaikan MOU perekrutan Da’i Kamtibmas merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discussion (FGD), dengan tujuan untuk menangkal paham radikal, menanamkan nilai-nilai Pancasila, menanggulangi bahaya narkoba dan hoax.

Da'i Kamtibmas sebagai pendakwah yang dapat mengajak dan membina masyarakat untuk dapat mewujudkan lingkungan aman dan tertib yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam, Pancasila. Hadirnya Da'i kamtibmas ini dapat memberikan tausiah dan ceramah kepada masyarakat dan diharapkan dapat mencegah paham radikal.

“Terbentuknya Da’i Kamtibmas diharapkan dapat menyampaikan ceramah sesuai permasalahan yang ada di wilayahnya. Utamanya permasalahan kondusifitas kamtibmas di lingkungannya, karena nikmat aman adalah nikmat yang tiada tara “ ucap AKBP Awan Hariono

Lebih lanjut, Kapolres menjelaskan dalam upaya mencegah paham radikal diperlukan kerja sama dan sinergitas semua pihak, baik Kepolisian, TNI, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, Pondok Pesantren, tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Situbondo.


“ semoga Da’i Kamtibmas dapat mendukung dan menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif “ ucap Drs. H. Adi Ariyanto M.Pdi

Untuk jumlah Da’i Kamtibmas berjumlah 80 orang diantaranya 30 orang yang telah direkrut pada tahun 2017 lalu ditambah 50 orang yang baru direkrut tahun 2018.

Redaksi

Sumber: Tribratanewssitubondo.com