Kirab Pusaka dan Tasyakkuran Memperingati Hari Jadi Besuki yang ke 254 tahun
Cari Berita

Advertisement

Kirab Pusaka dan Tasyakkuran Memperingati Hari Jadi Besuki yang ke 254 tahun

Sabtu, 01 September 2018

Kirab Pusaka dan Tasyakkuran Memperingati Hari Jadi Besuki yang ke 254 tahun
SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Masyarakat Besuki tahun ini merayakan Hari Jadi Besuki yang ke 254 dihitung sejak tahun 1764 M hingga tahun 2018 M.

Beberapa rangkaian kegiatan Hari Jadi Besuki yang dilaksanakan hari ini Sabtu 01/09/2018, adalah Napak tilas dari Desa Demung menuju pesarean Kiai Pate Alos, kemudian pada siang hari dilanjutkan Kirab Pusaka dan Budaya serta hasil bumi yang diikuti oleh berbagai Komunitas yang ada di Kota Besuki dan sekitarnya. 

Kegiatan Kirab Pusaka dimulai dari eks perumahan Bupati I menuju Pemakaman Tegal Mas di Desa Bloro yang merupakan makam Bupati Pertama Besuki periode 1788 - 1844 yaitu Raden Ario Bambang Sutikno (Pangeran Adipati Ario Prawiro Adhie Ningrat) beserta leluhur dan para pembabat Kota Besuki.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Muspika Kecamatan besuki dan Dinas Instansi terkait, Dalam sambutannya Camat Besuki bapak Suriyatno, SH sangat mengapresiasi kekompakan Komunitas dan warga masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Hari Jadi Besuki serta mengungkapkan harapan besar agar seluruh pihak dapat berpatisipasi dan membangun Kota besuki menjadi lebih baik.

Kita jangan hanya pandai mengkoreksi namun juga perlu menyampaikan ide dan gagasan yang baik kepada yang berkompeten untuk membangun besuki menjadi lebih baik, imbuhnya.

Selanjutnya Camat Besuki menambahkan bahwa Memperingati HJB tidak hanya dengan sekedar berpesta pora tapi kita harus menghargai jasa para leluhur dan mengisi Kota Besuki dengan kegiatan-kegiatan Positif.

Acara tasyakkuran Hari Jadi Besuki yang dilaksanakan di area lokasi Pemakaman Tegal Mas Desa Bloro sekaligus untuk Mendoakan para leluhur yang telah berjuang membabat tanah Besuki

Prosesi Pemotongan tumpeng dilaksanakan oleh keluarga besar Trah Besuki diserahkan kepada Bapak Camat Besuki, Kapolsek Besuki dan tokoh masyarakat.

Besuki merupakan kota tua yang pada jaman kejayaannya memiliki pelabuhan dan membawahi beberapa daerah teritorial yang lebih dikenal dengan sebutan Karesidenan Besuki.

Selanjutnya rangkaian acara Hari Jadi Besuki dilanjutkan dengan Pagelaran seni yang bertempat di alun-alun Besuki pada tanggal 8 september 2018.

Selamat Hari Jadi Kota Besuki yang ke 254 Tahun.