Tanggap Terhadap Korban Kebakaran Rumah, Pengurus YSKS Beri Bantuan Sembako
Cari Berita

Advertisement

Tanggap Terhadap Korban Kebakaran Rumah, Pengurus YSKS Beri Bantuan Sembako

Minggu, 14 Oktober 2018

Pengurus YSKS saat memberikan bantuan sembako dan baju layak pakai terhadap korban kebakaran rumah. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai upaya membantu meringankan beban korban kebakaran rumah di Dusun Taman Rejo, Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Pengurus Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS) dengan tanggap memberikan bantuan sembako dan pakaian layak pakai kepada para korban. Sabtu (13/10/18)

Berdasarkan keterangan warga setempat, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 Wib dini hari. Awalnya sumber api terlihat dari bagian dapur milik salah satu warga yang menjadi korban kebakaran, lalu merembet kerumah di sekitarnya.

Kronologi tersebut dibenarkan oleh Feri Fadli, selaku pengurus YSKS bidang sosial ketika berkunjung dan bertanya kepada para korban, diduga kebakaran bermula dari kayu tungku yang terbakar di bagian dapur salah satu korban, lalu merembet hingga membakar beberapa rumah disekitarnya. Sementara untuk proses pemadaman dilakukan secara gotong royong dengan menggunakan alat seadanya untuk mencegah kebakaran tidak meluas ke area lain.

"Meskipun tidak terdapat korban jiwa, namun kerugian materil ditengarai cukup banyak. Sebab sebanyak 4 rumah beserta seluruh isinya ludes dilalap si jago merah dan terdapat beberapa rumah yang rusak ringan. Bahkan pengakuan salah satu korban mulai dari rumah, perabotan, uang, sepeda, motor, surat-surat dan ternak hingga semua isi rumah ludes, yang tersisa hanya pakaian yang dikenakan saat terjadi kebakaran," ungkapnya

"Sementara maksud dan tujuan kedatangan YSKS ke lokasi kebakaran, yakni untuk memastikan situasi dan kondisi serta memberikan motivasi kepada para korban agar tidak trauma akan musibah yang dialami," imbuh Feri

Demikian juga diamini oleh Hery Susanto selaku bagian pengawas di kepengurusan YSKS. Ia menjelaskan kedatangan pungurus YSKS bertujuan selain untuk memberikan motivasi, juga untuk membantu meringankan beban kebutuhan para korban.


"Saat ini kami hanya membawa beberapa pakaian bekas layak pakai sekaligus sembako sekedarnya, minimal kehadiran kami sebagai yayasan sosial dapat memberi manfaat terhadap warga yang membutuhkan bantuan, terutama mampu meringankan sedikit beban para korban kebakaran di Dusun Taman Dadar, " pungkasnya

Selanjutnya YSKS, sebagai yayasan yang memiliki visi bergerak ansih di bidang sosial akan terus konsisten melakukan gerakan peduli sosial, termasuk tanggap dan cepat dalam menyikapi bencana-bencana sosial yang terjadi di Wilayah Kabupaten Situbondo.

Ar-Rozy