Angin Puting Beliung dan Hujan Es Hantam Situbondo, Ratusan Bangunan Mengalami Kerusakan
Cari Berita

Advertisement

Angin Puting Beliung dan Hujan Es Hantam Situbondo, Ratusan Bangunan Mengalami Kerusakan

Minggu, 18 November 2018

Hujan es dan angin puting beliung di Sumber Malang, Situbondo
Salah satu bangunan rumah milik warga yang mengalami kerusakan berat dan ringan akibat dihantam angin puting beliung dan hujan es di Kecamatan Sumber Malang,  Kabupaten Situbondo. (Foto Istimewa)

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net)
Angin puting beliung disertai hujan es yang menghantam Kecamatan Sumber Malang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur mengakibatkan ratusan bangunan mengalami kerusakan. Minggu, (18/11/2018)

Dari keterangan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Situbondo, peristiwa ini terjadi disebabkan oleh cuaca buruk, sehingga menimbulkan angin puting beliung dan hujan es.

"Sekitar pukul 13.30 WIB telah terjadi angin puting beliung dan hujan es di beberapa Desa Kecamatan Sumbermalang. Hal ini, dikarenakan cuaca buruk di wilayah Kabupaten Situbondo," terang Gatot Trikorowan saat dikonfirmasi melalui Whatsapp.

Video: Penampakan Hujan Es di Kabupaten Situbondo


Lanjut Gatot mengungkapkan, pihak BPBD telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap dampak dari peristiwa tersebut. Setidaknya, berdasarkan data sementara terdapat ratusan bangunan yang tersebar di dua desa mengalami kerusakan, baik kerusakan ringan, sedang maupun berat.

"Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, hanya terdapat ratusan bangunan mengalami kerusakan terdampak angin puting beliung dan hujan es. Diantaranya, 16 bangunan mengalami kerusakan berat, 8 bangunan rusak sedang,  dan 236 rusak ringang," pungkasnya.

Redaksi