Hari Anti Korupsi Dunia, Mahfud MD Ungkap IPK di Indonesia Masih Buruk
Cari Berita

Advertisement

Hari Anti Korupsi Dunia, Mahfud MD Ungkap IPK di Indonesia Masih Buruk

Minggu, 09 Desember 2018

Hari Anti Korupsi Dunia 2018
Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD

NASIONAL (Ruangaspirasi.net) 20 tahun lamanya pasca reformasi, bahaya laten Korupsi terus menghantui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini diungkapkan oleh Mahfud MD bahwa Indeks Persepsi Korupsi (IPK) di Indonesia masih buruk. Demikian, menunjukkan persoalan Korupsi harus segera diselesaikan.

"Selama 20 tahun reformasi indeks persepsi korupsi (ipk) buruk, rerata  naiknya kurang dari 1 setiap tahunnya,

Dengan rentang 1-100, pada tahu 1998 ipk kita 20, hanya menjadi 34 pada tahun 2014 dan hanya naik 3 sejak 2015 menjadi 37 pada 2017 (sekarang).

Korupsi terus bersimaharajalela.Untung, ada KPK," tulis Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi di akun twitternya @mohmahfudmd. Jum'at (07/12/2018)

Hari Anti Korupsi Dunia, Mahfud MD Ungkap IPK di Indonesia Masih Buruk

Mahfud MD juga memberikan sindiran terhadap banyaknya para pejabat pemerintah daerah di Indonesia yang tertangkap OTT. Menurutnya, mereka sedang apes dan kurang lincah bermain.

"Ya, saya khawatir bahkan ngeri membayangkan, jangan-jangan anak-anak kita sekarang ini sudah banyak yang terpengaruh dan ber-cita-cita agar kelak mendapat kesempatan korupsi.

Era skrng ini ada yang bilang, kalau kena OTT hanya karena apes, kurang lincah dalam bermain.

Tapi upaya memperbaiki harus terus jalan," sindirnya mengomentari tweet @dkarhita

Bahaya Korupsi di Indonesia

Sementara, berdasarkan dari data statistik yang dirilis oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, terjadi penurunan angka penanganan tindak pidana korupsi dari tahun 2017-2018.

"Per 31 Mei 2018, di tahun 2018 KPK melakukan penanganan tindak pidana korupsi dengan rincian: penyelidikan 76 perkara, penyidikan 85 perkara, penuntutan 50 perkara, inkracht 47 perkara, dan eksekusi 48 perkara," tulisnya

Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia

Selamat Hari Anti Korupsi Dunia 9 Desember Tahun 2018

Redaksi