Situbondo Ultra Run 2018, Lari Maraton di Lereng utara Gunung Argopuro
Cari Berita

Advertisement

Situbondo Ultra Run 2018, Lari Maraton di Lereng utara Gunung Argopuro

Minggu, 09 Desember 2018

Situbondo Ultra Run 2018, Lari Maraton di Lereng utara Gunung Argopuro
ARTIKEL (Ruangaspirasi.net) Situbondo Ultra Run 2018 yang ditempatkan di lereng utara gunung Argopuro, Kecamatan Sumbermalang, Kab. Situbondo telah selesai dilaksanakan, minggu (09/10/2018).

Even lari maraton Situbondo Ultra Run 2018 memiliki 4 jenis kategori: Nasional 35 Km, Lokal Umum 25 Km, Lokal Pelajar 10 Km, dan Couple (berpasangan) 10 Km.

Rute yang dilalui oleh Situbondo Ultra Run 2018 merupakan salah satu rute olahraga lari maraton yang sangat ekstrim di Indonesia, mengingat wilayah yang dilalui adalah lereng gunung yang tidak modern dengan tekstur tanah tebing curam dan tanjakan.

Bagi penggemar olahraga lari tentunya hal ini menjadi daya tantang tersendiri, khususnya pelari yang menyukai alam lepas, hal ini dibuktikan oleh antusiame peserta atlit yang datang dari berbagai daerah penjuru tanah air. Jawa barat, Jawa tengah, Jawa Timur hingga NTT.

Kesuksesan even ini selain karena kekompakan Pejabat pemerintah, Panitia, Relawan dan masyarakat, tentu tidak lepas dari nama besar Argopuro, sebuah gunung legendaris dengan trek terpanjang dengan ketinggian 3088 mdpl. Juga legenda Dewi Rengganis yang membawa suasana mistis.

Keindahan Alam, Kekayaan tradisi dan Kearifan Lokal masyarakat di lereng Argopuro Kec. Sumbermalang mungkin bisa menjadi alasan kuat mengapa even berskala nasional dan bahkan nantinya even internasional dilaksanakan di Kecamatan Sumbermalang - Situbondo.

Even Situbondo Ultra Run 2018 di Kec. Sumbermalang, merupakan even pertama dalam kategori olahraga lari, Pemerintah dalam membidik sport tourism sudah sangat tepat, karena nantinya dengan berbagai even. Situbondo, khususnya Kec. Sumbermalang akan dikenal masyarakat luas, diluar even - Sumbermalang akan dikunjungi masyarakat karena potensi wisatanya. seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Situbondo tentang tahun kunjungan wisata 2019. Karena Potensi wisata juga menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat.

Penulis adalah relawan Situbondo Ultra Run 2018.