FKS Situbondo Matangkan Persiapan Menuju Swastisaba Wistara 2019
Cari Berita

Advertisement

FKS Situbondo Matangkan Persiapan Menuju Swastisaba Wistara 2019

Kamis, 21 Februari 2019

FKS Situbondo Matangkan Persiapan Menuju Swastisaba Wistara 2019
Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto memberikan sambutan di acara Workshop Penyelenggaran Kota Sehat Swastisaba Wistara 2019.

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Forum Kabupaten Sehat (FKS) kembali memantangkan persiapan untuk mengikuti penilaian Kota Sehat menuju Swastisaba Wistara 2019. Adapun salah upaya yang dilakukan dengan menggelar Workshop Penyelenggaraan Kota Sehat Menuju Swastisaba Wistara 2019. Rabu. (20/2/2019)

Bertempat di Pendopo Kabupaten Situbondo, workshop dihadiri Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto berserta Ibu Umi Kulsum, Narasumber dari Kemenkes RI Ahmad Prihatna, Marranuang dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Ketua MUI, Kepala Bappeda Haryadi Tejo laksono, Kepala Dinkes Abu Bakar Abdi dan semua OPD, Camat Se-kabupaten Situbondo, FKS Se-Tapal Kudan dan semua ketua FKKS.

POPULER: Mobil Merah dan Jejak Perjuangan KH. Ahmad Sufyan

Haryadi Tejo Laksono, Kepala BAPPEDA Situbondo melaporkan pelaksanaan Workshop dalam rangka untuk memberikan pemahaman kepada FKS, OPD, FKKS dan Tokoh Masyarakat untuk membangun kesadaran hidup sehat dan bersih di Situbondo.

Lebih lanjut Haryadi mengatakan, Swasti Saba atau Kabupaten Sehat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota sehat yang terbagi dalam tingkatan Padapa (pemantapan), Wiwerda (pembinaan) dan Wistara (pengembangan).

"Kota sehat merupakan kondisi kota bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya beberapa tatanan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat serta pemerintah daerah," papar Kepala Bappeda

VIDEO PILIHAN

Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto dalam sambutannya menjelaskan, Penghargaan Swastisaba Wiwerda yang telah diraih pada tahun 2017 merupakan perwujudan perilaku hidup sehat dari warga Situbondo. Penghargaan tersebut tentunya merupakan pengaruh dari pelaksanaan pola perilaku hidup sehat dan bersih yang selalu mengalami peningkatan di masyarakat Situbondo.

"Kabupaten Situbondo meraih penghargaan Sawsti Saba Wiwerda tahun lalu karena dari empat tatanan terpilih. Karena itu Pemerintah Situbondo mempunyai komitmen untuk mewujudkan tatanan dari kabupaten sehat itu dan agar menjadi perilaku dan budaya warga masyarakat, karena penilaian kabupaten sehat itu fokus pada adanya proses dan upaya perbaikan kesehatan melalui partisipasi masyarakat yang terorganisir pada forum Kota Sehat,"Ujar Bupati

Pada acara kali ini ada dua narasumber dari Kemenkes RI dan Dinas Kesehatan Propinsi yang akan memberikan arahan, trik dan tips-tips kepada stakeholder terkait persiapan penilaian Swastisaba Wistara bagi Kabupaten Situbondo.

"Oleh karenaya, saya berharap workshop hari ini peserta harus aktif, melakukan komunikasi dan berdiskusi yang bisa kita implementasikan dalam persiapan," Tegas Bupati

POPULER: Hadiri Haul KH. Ahmad Sufyan, Ini Yang Disampaikan Sandiaga Uno

Lebih dari itu, Kedepan Bupati berharap prestasi ini dapat ditingkatkan menjadi Swastisaba Wistara dimana konsep hidup sehat dan sejahtera telah berkembang dan membudaya di masyarakat.

"Penghargaan Kota Sehat itu bukanlah merupakan target akhir, walaupun penghargaan itu kebanggaan dan bukti kita bekerja. Tapi yang paling penting adalah upaya kita meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya

Sementara, Lutfil Amin Ketua FKS Situbondo mengatakan, ada 9 (Sembilan) tatanan yang menjadi penilaian kota sehat, yakni ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kehidupan social yang sehat, kawasan pertambangan sehat dan kawasan hutan sehat.

"Mengawali penilaian Swastisaba Wistara 2019, saya akan memastikan untuk menambah dua tatanan yaitu kawasan pariwisata sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat.  FKS berkewajiban mendukung Kunjungan Wisata 2019 Kabupaten Situbondo," ucapnya

"Saya berharap, dengan dilaksanakannya Workshop ini, FKS menjadi lebih semangat menuju Swastisaba Wistara 2019 karena selalu mendapatkan dukungan dan dorongan dari semua pihak," harap lutfi

(M.A.R)