Memohon Keselamatan Pasca Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo, Masyarakat Desa Alasmalang Raas Sumenep Gelar Istighosah
Cari Berita

Advertisement

Memohon Keselamatan Pasca Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo, Masyarakat Desa Alasmalang Raas Sumenep Gelar Istighosah

Kamis, 04 April 2019

Memohon Keselamatan Pasca Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo, Masyarakat Desa Alasmalang Raas Sumenep Gelar Istighosah
Masyarakat Desa Alasmalang, Kecamatan Raas, Kabupeten Sumenep Melaksanakan Istighosah dan Doa Bersama Pasca Terjadinya Gempa Bumi 5.0 Maginitudo. 

SEMUNEP (Ruangaspirasi.net) Pasca terjadinya gempa bumi berkekuatan 5.0 Magnitudo (Selasa, 02/04/2019) dan gempa susulan yang dirasakan sekitar 5 kali dalam dua hari secara berturut-turut, masyarakat Desa Alasmalang, Kecamatan Raas, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur,  melaksanakan doa bersama dan istighosah untuk memohon keselamatan di Masjid Jami' Mambaul Hikam. Rabu, (03/04/2019) malam.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang yang sempat menjadikan warga panik dan membuat sujumlah bangunan mengalami kerusakan, berpusat di laut 84 KM Tenggara Sumenep dengan Kedalaman 10 KM.

"#Gempa Mag:5.0, 02-Apr-19 08:22:44 WIB, Lok:7.24 LS, 114.60 BT (Pusat gempa berada di laut 84 km Tenggara Sumenep), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II-III Situbondo, II Denpasar, II Singaraja," tulis BMKG di akun resmi twitter-Nya.

Oleh kerena itu, mengharap pertolongan dari Allah agar dijauhkan dari segala macam musibah serta tidak terjadi gempa susulan, Pemerintah Desa Alasmalang Raas, mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga untuk melaksanakan istighosah dan doa bersama yang dipimpin langsung oleh ustad H. Abi Sujak.

"Alhamdulillah, malam ini jajaran Pemerintah Desa dengan tokoh masyarakat dan ratusan warga Desa Alasmalang, menggelar Istighosah dan doa bersama. Tentunya, melalui istighosah ini kami semua memohon kepada Allah agar diberi perlindungan dan dijauhkan dari musibah," kata Mahsun Kades Alasmalan Raas

Selanjutnya, Mahsun juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap tenang untuk mengantisipasi keselamatan sejak dini apabila terjadi gempa-gempa susulan.

"Saya berharap, masyarakat tidak perlu panik, tetap waspada, kenali sejak dini potensi gempa bumi serta bertindak dengan tepat apabila terjadi gempa susulan. Pastinya, juga harus diiringi dengan memperbanyak doa kepada Allah," pungkas Kades Alasmalang yang merupakan alumni Pondok Pesantren Nurul Jadid.

9 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Penulis: Mastur