Tanamkan Kebersamaan, SDM PKH Situbondo Gelar Silaturrahmi dan Anjangsana di Pasput
Cari Berita

Advertisement

Tanamkan Kebersamaan, SDM PKH Situbondo Gelar Silaturrahmi dan Anjangsana di Pasput

Kamis, 07 November 2019

Tanamkan Kebersamaan, SDM PKH Situbondo Gelar Silaturrahmi dan Anjangsana di Pasput
Seluruh SDM PKH Se-Kabupaten Situbondo usai kegiatan

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Suatu upaya untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sesama pekerja sosial, seluruh SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Situbondo kembali menyelenggarakan giat silaturrahmi dan anjangsana di Wisma Bhayangkara Pasir Putih (Pasput). Rabu, (06/11/19)

BACA JUGA: Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019

Adapun acara dimaksud dihadiri oleh Pelaksana Program Keluarga Harapan (PPKH) se-Kabupaten Situbondo, Koordinator Kabupaten (Korkab) Wilayah Barat dan Timur, Supervisor, Administrator Pangkalan Data (APD) dan seluruh pendamping PKH se-Situbondo, serta turut hadir Drs. H. Abu Bakar Abdi, Apt, M.Si selaku Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Situbondo yang baru dengan didampingi oleh Kepala Bidang Linjamsos, Resos dan sebagian pegawai Dinsos lainnya.

Jamila selaku ketua panitia kegiatan mengatakan, acara anjangsana ini memang rutin dilaksanakan. Selain sebagai pertemuan rutin di setiap wilayah, juga menjadi media koordinasi di internal Kecamatan.

"Sebagai pelaksana serta mewakili kepanitiaan, kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan kerjasamanya serta permohonan maaf apabila terdapat hal-hal yang kurang berkenan, sebab inilah kemampuan kami dalam menyambut para tamu dan undangan," ucapnya

Sementara Ainur Ridla Kurniawan Kabid Linjamsos Dinsos Situbondo, dalam sambutannya mengingatkan kembali tentang regulasi maupun mekanisme PKH serta tupoksi dari masing-masing pendamping. Ia kemudian memperkenalkan seluruh SDM PKH Situbondo kepada Kadinsos Situbondo yang baru, termasuk memperkenalkan posisi serta jumlah SDM PKH Situbondo mulai dari Korkab, Supervisor, APD, hingga pendamping PKH di setiap Kecamatan.


Disamping itu, Abu Bakar Abdi Kadinsos Situbondo yang baru mengatakan, sejak saat ini dirinya mulai banyak belajar tentang regulasi bantuan Sosial PKH maupun yang lainnya, terutama berkaitan dengan check dan crosscheck data Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Saya berharap kepada seluruh SDM PKH Situbondo lebih memiliki kemauan dan kemampuan termasuk terbangun komunikasi, koordinasi dan konsultasi kepada semua pihak demi keberhasilan PKH, misalnya setiap pendampingan yang berhasil perlu diusulkan memperoleh apresiasi maupun penghargaan khusus," harap Kadinsos Situbondo.

Selain di atas, Kadinsos juga mengharapkan melalui PKH dapat berdampak nyata kepada pengentasan kemiskinan di Wilayah Situbondo sesuai dengan tujuan utama PKH yaitu mengurangi angka kemiskinan dan memutus mata rantai kemiskinan.

"Terutama hal yang berkaitan dengan Graduasi KPM,  termasuk setiap kegiatan keberhasilan PKH utamanya agar bisa diviralkan melalui media sosial, sehingga bisa mengangkat citra maupun eksitensi PKH Kabupaten Situbondo," pungkas Abu Bakar Abdi yang sebelumnya menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo.

Ninda Hasminurhayati Koorkab PKH Wilayah timur menjelaskan tentang giat Anjangsana SDM PKH penting dilaksanakan meski hanya di gelar setahun dua kali secara bergantian sesuai kesepakatan, demikian dapat membangun silaturrahmi juga meningkatkan koordinasi pendampingan antar SDM PKH.

"Kami berharap kepada Kadinsos yang baru agar bisa lebih memberikan dukungan dan pengawalan tentang PKH, semoga apa yang menjadi Visi PKH sesuai dengan harapan bersama," singkatnya.

Hal senada disampaikan Korkab PKH Wilayah Barat Agus Ari Cahyadi, ia menekankan melalui kegiatan anjangsana kali ini dapat membangun kedekatan emosional sehingga lebih terwujud kekompakan dan kebersamaan antar SDM PKH.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat terjalin komunikasi yang baik dan kordinasi yang bijaksana demi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya," tutur pria yang akrab disapa Agus.

Selanjutnya acara diakhiri dengan pemutaran Video serba-serbi kegiatan Pendampingan PKH dan kontemplasi KPM, lalu mengenang para pendamping PKH Situbondo yang telah meninggal dunia dengan membacakan tahlil dan doa bersama.

Ar Rozy