Pembina YSKS Karna Suswandi Harapkan Penghijauan di Dusun Alun-Alun Desa Jatisari
Cari Berita

Advertisement

Pembina YSKS Karna Suswandi Harapkan Penghijauan di Dusun Alun-Alun Desa Jatisari

Minggu, 30 September 2018

Drs. Karna Suswandi, MM saat memberikan sambutan dan arahan tentang penghijauan di Dusun Alun-Alun, Desa Jatisari Situbondo. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai upaya untuk menghijaukan daerah pegunungan serta memanfaatkan lahan masyarakat yang tidak difungsikan, Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS) bersama pembina YSKS merencanakan program penghijauan bersama masyarakat di daerah terpencil Dusun Alun-Alun, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Sabtu (29/09/2018)

Adapun program yang direncanakan bermula dari kegiatan Bakti Sosial (Baksos) yang diselenggarakan oleh YSKS. Kemudian karena diketahui lokasi menuju daerah Dusun Alun-Alun cukup jauh dan menantang juga tampak gersang, sehingga diinisiasi untuk rencana program penghijauan bersama.

Hal dimaksud dibenarkan oleh Sudarto, M.SE Selaku Camat Arjasa, ia mengungkapkan medan jalan menuju Dusun Alun-Alun selain menantang juga panas menerjang.

"Saya sebagai Pemerintah Kecamatan sangat mendukung apabila YSKS merencanakan program penghiauan bersama masyarakat, apalagi air sudah masuk ke wilayah Dusun ini. Sehingga masyarakat mampu menjaga dan melestarikan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin," ungkapnya

Lebih dari itu, Karna Suswandi selaku pembina YSKS menceritakan tentang kronologi awal lahirnya rencana penghijauan ini. Dimana saat perjalanan menunju Dusun Alun-Alun, tampak disamping kanan maupun kiri jalan, suasananya begitu gersang. Padahal di daerah ini termasuk dataran tinggi yang sesungguhnya berhawa sejuk dan menyejukkan, namun karena tidak ada tanaman sama sekali sehingga menjadikan suasananya panas.

"Saya bersama pengurus YSKS menawarkan dengan mengajak masyarakat Dusun Alun-Alun untuk bersama-sama merencanakan penghijauan melalui menanam pohon sengon, sementara tekhnisnya terkait bibit serta polybak akan kita bantu, kemudian masyarakat dapat berpartisipasi dalam penanaman bibitnya, didistribusikan untuk ditanam dilahan masyarakat maupun lahan perhutani dengan sistem bagi hasil" ungkapnya

Pemantauan Kondisi di Sepanjang Jalan Menuju Dusun Alun-Alun Yang Gersang. 

Disamping itu Pembina YSKS mengharapkan rencana ini perlu ada kerjasama, baik antara masyarakat setempat bersama pengurus YSKS. Sehingga, kegiatan tersebut nantinya bisa terealisasi dengan baik.

"Saya melihat, respon masyarakat Dusun Alun-Alun begitu antusias dan bangga untuk melakukan penghijauan secara swadaya di lahannnya masing-masing. Sehingga, saya berharap dalam jangka panjang masyarakat bisa memperoleh beberapa keuntungan dari penghijauan ini, baik penghasilan secara materi maupun kesejukan di beberapa titik lokasi menuju Dusun Alun-Alun," Harap Bung Karna sapaan akrab pria kelahiran Desa Curahtatal ini.

Sementara program perencanaan penghijauan tersebut telah disepakati serta akan di tindaklanjuti oleh pengurus YSKS dengan melibatkan kepala dusun dan tokoh masyarakat setempat sehingga kesejahteraan  serta kenyamanan dapat diwujudkan secara bersama-sama, sebagaimana visi yang dikembangan oleh Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS).

(Sandi/Ar-Rozi)