Cara Mendapatkan Bantuan Tunai Rp 1,2 Juta Program BPUM Tahun 2021 -->
Cari Berita

Advertisement

Cara Mendapatkan Bantuan Tunai Rp 1,2 Juta Program BPUM Tahun 2021

Rabu, 07 April 2021

BPUM 2021
Program BPUM Tahun 2021 (Sumber Gambar: instagram @kemenkopukm)


TOPIK UTAMA (Ruangaspirasi.net) Pemerintah RI melalui Kementerian Koperasi dan UKM kembali melanjutkan program bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), dengan nilai bantuan tunai di tahun 2021 ini sebesar Rp. 1,2 juta bagi setiap penerima yang telah memenuhi syarat.


Hal ini sebagaimana dilansir dari akun resmi instagram @Kemenkopukm bahwa program BPUM di tahun 2021 sudah siap untuk disalurkan.


"BPUM siap disalurkan kembali setelah PermenKopUKM no. 2 tahun 2021 disahkan. PermenKopUKM tersebut juga menghadirkan beberapa perbaikan dari penyaluran BPUM sebelumnya," tulisanya dalam postingan pada tanggal 26 maret 2021.


Lanjut, pada postingan setelahnya tanggal 04 April 2021, @kemenkopukm menyampaikan pengajuan usulan baru calon penerima BPUM sudah mulai dapat diakses dan diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM Kabupaten / Kota.



"Halo #SobatKUKM yang pasti sudah tidak sabar menunggu informasi program BPUM. Kopmin mau informasikan kalau pelaksanaan program tersebut sudah mulai dapat diakses. Kabar terbarunya, usulan baru calon penerima bantuan sudah dapat diajukan ke dinas yang membidangi koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota," tulisanya


Syarat Calon Penerima BPUM

  1. Memiliki Usaha Mikro;
  2. WNI;
  3. Bukan ASN, TNI, Polri dan pegawai BUMN/BUMD;
  4. Tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR);
  5. Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha miro yang memiliki alamat berbeda antara domisili dan lokasi usaha.


Selanjutya, bagi sobat yang telah mengajukan pendaftaran sebagai calon penerima bantuan BPUM ke dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota, maka bisa dilakukan cek secara berkala melalui link BRI E-FORM dengan memasukan NIK, untuk memastikan pendaftar diterima atau tidak sebagai penerima program bantuan BPUM.


#Redaksi