Peringati Hari Kartini Tahun 2018, 214 Penyelam Wanita Situbondo Kibarkan Bendera di Dasar Laut -->
Cari Berita

Advertisement

Peringati Hari Kartini Tahun 2018, 214 Penyelam Wanita Situbondo Kibarkan Bendera di Dasar Laut

Sabtu, 21 April 2018


SITUBONDO POST, (Ruangaspirasi.me) Pengibaran Bendera Merah Putih dari dasar laut yang dilaksanakan Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V di Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo berlangsung sukses dan tercatat pada musium MURI, Sabtu (21/04/2018).

Upacara Peringatan Hari Kartini 2018 dengan pengibaran bendera Merah Putih dari dasar laut tersebut melibatkan 214 penyelam wanita dan disaksikan Aspotmar Kasal Laksamana Muda Edi Sucipto, SE, MM, Danlantamal V Kolonel Edwin, SH, Aspotmar Lantamal V  Kolonel Laut P Atmu Edi, Aspers Danlantamal V Kolonel Laut Tresna Kusumawati, S.Pd, M.AP,  Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto, SH, Kapolres Mojokerto Kota  AKBP Sigit Dany Setiyono, S.H, S.I.K, M.Sc ( Eng ), Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf. Ashari, S.Pd, Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi, M.Si, Wakapolres Situbondo Kompol Iswahab, SH, Kepala SKPD Kab. Situbondo, Pengurus Pramuka Bahari Lantamal V Surabaya, Camat se Kab. Situbondo, 214 Wanita penyelam pengibar bendera Saka Bahari jajaran Lantamal V, Kowal, Polwan, Possi Surabaya, Possi Malang, Possi Gresik, Poltek KP Sidoarjo, Komunitas selam Yogyakarta



Aspotmar Kasal Laksamana Muda Edi Sucipto, SE, MM dalam keterangan pers mengatakan bahwa pengibaran bendera dari permukaan laut oleh seluruh wanita-wanita Indonesia dalam jumlah terbanyak terpecahkan. Mengibarkan bendera merah putih jumlah penyelam wanita terbanyak tercatat pada Rekor MURI bukan hanya Indonesia tapi Dunia. Ini merupakan prestasi bagi kita semua," ujarnya.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, sambung Kasal Aspormar Laksamana Muda Edi Sucipto, SE, MM, olahraga penyelaman harus semakin berkembang di Indonesia. "Untuk mengumpulkan para penyelam dengan jumlah banyak tidak lah mudah, makanya kita gunakan Pantai Pasir Putih untuk upacara pengibaran bendera Merah Putih. Selain tempatnya mudah terjangkau juga fasilitasnya menunjang," jelas Kasal Laksamana Muda Edi Sucipto.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Kasal, namun dia juga mengungkapkan, pengibaran sang saka merah putih dari dasar laut dalam rangka memperingati Hari Kartini bukan hanya dilakukan Angkatan Laut saja, tapi dari berbagai komunitas penyelaman baik itu dari Jalasenastri, komando wanita angkatan laut, polwan dan klub-klub selam yang ada di Indonesia. "Kegiatan ini Nasional, tidak hanya diikuti penyelam dari Surabaya tapi penyelam se-Indonesia. Pantai Pasir Putih kita pilih karena tempatnya istimewaan," tuturnya.

Kegiatan mengibarkan bendera dari dasar laut ke permukaan yang dilakukan 221 penyelam wanita, baru kali pertama di Indonesia bahkan di dunia. "Kegiatan ini merupakan yang pertama di Indonesia bahkan di dunia.  Target penyelam wanita 214. Namun ada peningkatan jumlah yakni 221 penyelam wanita. "Untuk melindungi para penyelam, stand by driver pengamanan dan kita siagakan juga kapal perang Helikopter untuk antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan supaya para penyelam aman," pungkasnya. (*)

Sony Haryono