Disperindag Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Industri Kecil Anyaman Bambu di Kecamatan Sumbermalang -->
Cari Berita

Advertisement

Disperindag Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Industri Kecil Anyaman Bambu di Kecamatan Sumbermalang

Rabu, 31 Oktober 2018

Disperindag Kabupaten Situbondo mengadakan Pelatihan Industri Kecil Anyaman Bambu di Kecamatan Sumbermalang
SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Situbondo mengadakan Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Keterampilan Kerja Bagi Tenaga Kerja dan Masyarakat melalui Pelatihan Berbasis Hasil Hutan (DBHCHT).

Pelatihan yang difokuskan pada Industri Kecil Anyaman Bambu ini bertempat di Desa Tamansari, Kecamatan Sumbermalang - Situbondo. dilaksanakan selama 6 hari, dimulai pada hari Senin 29/10/2018 hingga hari Sabtu 03/11/2018 mendatang.

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibimbing secara langsung untuk berpraktek membuat kerajinan anyaman dari bahan bambu, dari pembuatan Tempat buah anyaman, hiasan lampu ruangan hingga pembuatan Kopyah berbahan Anyaman bambu
Pelatihan yang membidik sasaran masyarakat pedesaan berlokasi dekat dengan hutan ini nantinya diharapkan dapat memanfaatkan hasil hutan sehingga dapat memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Muhlis S.Pd.I Salah satu anggota Panitia Pelatihan Industri Kecil Anyaman Bambu menyampaikan tujuan dan harapan diadakannya pelatihan tersebut agar masyarakat bisa memanfaatkan hasil hutan yang berupa bambu sehingga memiliki nilai ekonomi. "harapannya agar masyarakat dapat memanfaatkan sumberdaya alam di hutan khususnya bambu secara kreatif dan maksimal sehingga bisa menunjang kegiatan ekonomi masyarakat setempat" ucapnya.