Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Situbondo -->
Cari Berita

Advertisement

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Situbondo

Kamis, 21 Maret 2019

Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Baderan oleh BPBD Kab. Situbondo

SITUBONDO
, (Ruangaspirasi.net) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo, Melaksanakan Sosialisasi dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Kamis, (21/03/2019).

Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Situbondo Gatot Trikorawan SE. M.Si. dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan pembentukan desa tagguh bencana adalah untuk pengembangan desa rawan bencana dan masyarakat serta meningkatkan kesiapsiagaan atas resiko bencana secara mandiri.


Kepala Pelaksana BPBD Kabupatem Situbondo Taufik Hidayat menyampaikan pentingnya pembentukan desa tangguh bencana  karena Desa Baderan merupakan salah satu desa dengan objek wisata unggulan di Kabupaten Situbondo, sehingga pengunjung akan lebih tenang dalam berwisata dengan adanya pembentukan Desa Tangguh Bencana.

"Tentunya, dengan pembentukan desa tangguh bencana ini diharapkan dapat meminimalisir dampak dari bencana alam," ungkap Taufik Hidayat.


Sementara, Pingky Hidayati, S.PSI., M.PSI selaku Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jatim memberikan sosialisasi Tentang Manajemen Resiko Bencana yang mencontohkan bencana alama gempa bumi.

"Bukan gempanya yang membunuh tapi bangunan atau ketidak-tahuan masyarakat terhadap cara evakuasi," jelasnya

Lanjut ia memberikan gambaran respon terbaik di saat ada bencana alam gempa bumi:

  1. Menjatuhkan diri dengan hati-hati
  2. Melindungi kepala dan leher
  3. Membungkuk di bawah meja untuk mencari perlindungan

Sosialisasi dan pembentukan Desa Tangguh Bencana diakhiri dengan penyerahan lencana Desa Tangguh Bencana kepada Kepala Desa Baderan oleh Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Situbondo yang disaksikan oleh Camat Sumbermalang.

Penulis: Mohammad Ainur Rafik