Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC GMPK Situbondo Gelar Seminar Kabangsaan -->
Cari Berita

Advertisement

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC GMPK Situbondo Gelar Seminar Kabangsaan

Redaksi
Sabtu, 17 Juni 2023

Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC GMPK Situbondo Gelar Seminar Kabangsaan
Narasumber saat menyampaikan materi pada acara seminar kebangsaan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila.


SITUBONDO (ruangaspirasi.net) Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (DPC GMPK) Kabupaten Situbondo menggelar seminar kebangsaan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Acara ini dilaksanakan di Aula STKIP Situbondo. Sabtu, (17 Juni 2023).


Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari kalangan siswa dan mahasiswa tersebut mengusung tema “Partisipasi Milenial dalam Memilih Pemimpin pada Pemilu 2024". Menurut Marzuki, organisasi GMPK ini dibentuk untuk menjadi wadah bagi siswa dan mahasiswa dalam meningkatkan wawasan kebangsaan dan sebagai media gerakan mengawal cita - cita bangsa Indonesia.


“GMPK mempunyai visi dan misi yang jelas untuk mengawal kemajuan Indonesia. Organisasi ini memang masih tergolong baru, namun GMPK sudah memiliki struktural dari tingkat DPP, DPD dan DPC,” ungkap Ketua DPC GMPK Kabupaten Situbondo.


“Dalam acara seminar kebangsaan ini, kami mengambil tema partisipasi milenial dalam memilih pemimpin 2024. Sebab di tahun 2024 nanti, Indonesia akan melangsungkan pasta Demokrasi yang dapat menentukan arah bangsa kita dalam lima tahun kedepan. Sementara peran generasi milenial sangat strategis dalam memilih memimpin yang ideal,” tambah Marzuki saat memberi sambutan.


Peringati Hari Lahir Pancasila, DPC GMPK Situbondo Gelar Seminar Kabangsaan


Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh dua narasumber yang mempunyai kemampuan baik dalam dunia politik, diantaranya Mohammad Ainur Rafik Duta Digital Kabupaten Situbondo dan Ary Linggar yang merupakan Wakil Ketua DPD GMPK Jawa Timur.


“Maraknya informasi hoax, provokatif dan isu SARA yang disebar melaui platform media online dan media sosial menjadi tantangan generasi milenial dalam menghadapi perkembangan politik di era digital dewasa ini. Oleh karena itu, generasi milinial harus memiliki daya kritis dalam memilih pemimpin serta berpartisipasi menangkal berita bohong untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas,” kata Mohammad Ainur Rafik.


Sementara Ary Linggar sebagai pemateri kedua memaparkan, generasi milenial memiliki peran signifikan menentukan pemimpin-pemimpin di masa depan. Kesadaran generasi milienal untuk berpartisi aktif dalam politik diharapkan dapat mewujudkan Indonesia yang lebih baik.


“Partisipasi politik kalian menentukan masa depan Indonesia, perbanyaklah literasi politik dan literasi digital agar kalian tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu politik yang dibangun di media online ataupun media sosial,” imbuh Ary kepada peserta.


Seminar kebangsaan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB ini, kemudian diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari peserta. Selanjutnya, DPC GMPK Situbondo akan terus merencanakan dan melaksanakan agenda-agenda kegiatan yang dapat mengakomodir siswa ataupun mahasiswa untuk berperoses dan menambah wawasan kebangsaan.


Penulis: Anwar