Prihatin Terhadap Eksistensi KNPI Situbondo, Sejumlah Pemuda Lakukan Konsolidasi
Cari Berita

Advertisement

Prihatin Terhadap Eksistensi KNPI Situbondo, Sejumlah Pemuda Lakukan Konsolidasi

Kamis, 19 April 2018

Berkumpul membangun komitmen menghidupkan kembalin KNPI

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Sejumlah pemuda dari beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) Kabupaten Situbondo melakukan konsolidasi pertemuan untuk membangun kembali eksistensi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) wilayah Situbondo yang lama mengalami kefakuman. Kamis, (19/04/2018)

Pertemuan yang berlangsung di Alun-Alun Kota Situbondo ini diikuti oleh perwakilan OKP diantaranya, organisasi pemuda Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), organisasi pemuda Himpunan Mahasiswa Islam Indonesia (HMI) serta Gerakan Pemuda Ansor (GP ANSOR) Kabupaten Situbondo. 

Khoirur Rokib, S.Pd selaku koordinator pertemuan mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap eksistensi KNPI wilayah Situbondo yang tidak ada kabar seperti ditelan bumi. 

"Pertemuan ini merupakan langkah awal untuk menjaga keberadaan KNPI di Situbondo, karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan mengawali," ujarnya

Pemuda yang akrab disapa Rokib ini juga menjelaskan, Organisasi KNPI yang dideklarasikan pada 23 juli 1973 tersebut, menurut Rokib sangat diperlukan kebaradaan di Situbondo. Terutama sebagai representatif dari organisasi kepemudaan. 

"Mari kita membangun komitmen dan menyatukan persepsi membangun KNPI kembali. Karena bagi saya peran KNPI sangat diperlukan dalam mengawal berbagai OKP yang ada di Situbondo," terangnya

Semantara, Anis Mukaddas sebagai perwakilan OKP GP ANSOR Cabang Situbondo menyatakan, wajar bila para pemuda peduli KNPI yang hadir pada pertemua ini merasa prihatin, karena secara historis KNPI di Situbondo menjadi pertanyaan besar eksistensinya.

"Pada dasarnya kita sebagai pemuda merupakan bagian KNPI. Oleh karenanya, kita berkumpul untuk mencari gagasan dan menghasilkan mufakat bagaimana caranya menghidupkan kembali KNPI di wilayah Situbondo ini," pungkas Anis Mukaddas yang juga pernah menjabat Ketua Cabang PMII Situbondo periode 2016-2017.

Diskusi panjang yang berlangsung alot tersebut kemudian melahirkan mufakat, diantaranya:

1. Berkomitmen membangun kembali KNPI wilayah Kabupaten Situbondo yang sudah fakum
2. ‎Berkoordinasi dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI wilayah Situbondo untuk mengetahui eksistensinya. 
3. ‎Berkoordinasi dengan DPD KNPI Provinsi Jatim untuk mencari solusi dan mensegerakan diadakannya Musda.

Redaksi