Tangkal HOAX, Polres Situbondo Gandeng Komunitas Jurnalis.
Cari Berita

Advertisement

Tangkal HOAX, Polres Situbondo Gandeng Komunitas Jurnalis.

Sabtu, 07 April 2018

Penandatangan MoU anti Hoax Oleh Kapolres Situbondo
SITUBONDO POST, (Ruangaspirasi.me) Kopolisan Resort (Polres) Situbondo bersama Komunitas Jurnalis Se-Kabupaten Situbondo melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) untuk menangkal berita Hoax, isu SARA dan tindakan persekusi di wilayah hukum Situbondo. Jum'at, (06/04/2018)

Kegiatan yang berlangsung di cafe Pondok Baru, Desa Sumberkolak, Kecamatan Penarukan diinisiasi oleh Kasat Reskrim Polres Situbondo sebagai wujud dari adanya Satgas Nusantara dan Komitmen jajaran Polres Situbondo menjaga Harkamtibmas.

"Harapan saya, hubungan sinergitas antara Polres dan Jurnalis tidak hanya berjalan secara formalitas. Tetapi, saling membangun dan mengisi dalam penengakan hukum serta menangkal berita Hoax yang beredar di Media Sosial (Medsos)," ujar AKP Masykur Kasat Reskrim Polres Situbondo saat memberikan sambutan.

Semetara itu, Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, SH, SIK, MSc, (Eng) memberikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama para jurnalis yang peka terhadap isu-isu yang berkembang dan membantu Polres memenuhi tuntutan masyarakat. 

"Saya berterima kasih kepada rekan-rekan media. Karna sampai saat ini, sudah ada 4 isu Hoax yang kami selesaikan dengan cepat berkat bantuan Jurnalis, baik dalam memberikan laporan maupun dalam hal penyelesaian," terangnya

Kepada Komunitas Jurnalis, Kapolres berharap pemberantasan berita Haox di Kabupaten Situbondo harus menjadi atensi khusus, apalagi saat ini memasuki tahun politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2018.

"Dengan adanya MoU ini diharapkan bisa menyatukan visi dan misi, serta media lebih cerdas memberikan edukasi kepada masyarakat. Sebab, peran Polri dengan Jurnalis ini tidak ada bedanya, yakni sama-sama melindungi masyarakat dari berita Hoax," harapnya



Adapun Komunitas Jurnalis Kabupaten Situbondo yang menandatangani MoU dan berkomitmen memberantas Hoax diantaranya, Kontri Pantura, Aji dan Rumah Satu.

Edi Supriyono, yang mewakili Komunitas Jurnalis mengungkapkan rasa kebanggaannya kepada Polres Situbondo karena diberi kesempatan memerangi berita Hoax. Menurutnya, dengan adanya Jurnalis sebagai mitra Polres merupakan pilihan yang tepat menangkal Hoax. 

"Hubungan baik antara Polres dan Jurnalis ini harus terus dipupuk dengan adanya kerjasama menjaga kondusifitas. Tidak hanya itu, saya berharap kedepan Jurnalis lebih cerdas memproduksi informasi sesuai dengan kode etik jurnalistik," pungkasnya

Dibawah ini video pembacaan isi MoU dan Deklarasi Hoax Polres Situbondo Bersama Komunitas Jurnalis. 

https://youtu.be/lP4twmSzXOY

M. Ainur Rafik