9 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran
Cari Berita

Advertisement

9 Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Jumat, 04 Mei 2018


Gambar Ilustrasi Sumber Google
GAYA HIDUP, (Ruangaspirasi.me) Perayaan Lebaran menjadi moment paling spesial bagi umat muslim, khususnya yang memiliki tempat tinggal jauh dari kampung halaman, disaat itu seluruh keluarga akan menyempatkan berkumpul dan berbagi berbagi cerita tentang kehidupan mereka selama di perantauan.

Adalah sebuah istilah umum yang digunakan oleh para perantauan saat menghadapi liburan panjang saat Lebaran, yaitu Mudik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Mudik ini memiliki arti Pergi ke Udik (Kampung halaman), atau secara umum Mudik berarti Pulang ke Kampung Halaman. (*sumber: kbbi.web.id/mudik)

Di Indonesia, Mudik sepertinya sudah menjadi tradisi wajib, lebih-lebih disaat libur lebaran. Mereka yang berada diluar kota atau luar jawa merasa perlu menyempatkan diri untuk menjenguk orang tua di kampung serta bersilaturrahmi kepada sanak saudara.

Namun kendala mudik yang harus kita hadapi adalah jalanan menjadi ramai karena banyak orang yang melakukan Mudik secara bersamaan, Nah, agar mudik kita menjadi menjadi sesuatu yang menyenangkan berikut Tips yang perlu kita ikuti

1. Menentukan Jadwal Keberangkatan

Untuk melaksanakan mudik, pertama kali yang harus kita persiapkan adalah menentukan Jadwal hari keberangkatan, agar kita bisa mengatur segala kegiatan sehingga tidak bersamaan dengan jadwal mudik.

Khususnya bagi yang menggunakan jasa transportasi udara maupun kereta Api, kita bisa memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena seperti yang kita ketahui bersama banyak kawan pemudik yang terlantar di Stasiun maupun Bandara karena kehabisan Tiket. Ini Wajib kita hindari agar mudik bisa lebih tenang dan aman.

2. Membuat Daftar Barang Bawaan

Langkah pertama dalam dalam kegiatan mudik adalah membuat daftar barang yang akan dibawa, hal ini untuk memastikan bahwa kita akan membawa barang yang benar-benar dibutuhkan.

Bagi pengguna Smartphone wajib untuk mempersiapkan Powerbank atau alat penyimpan daya lainnya, ini sangat mendukung aktivitas Komunikasi kita selama di perjalanan

3. Mempersiapkan Kesehatan Fisik dan Psikis

Iya, ini juga sangat penting mengingat saat perjalanan mudik nanti kita akan banyak melakukan kegiatan fisik, seperti membawa banyak barang bawaan dan bahkan untuk melindungi diri dari keadaan berdesak-desakan saat berada di keramaian, dan Tidak mudah marah, misalnya saat harus lama mengantri atau hal lain yang dapat memancing emosi

4. Persediaan Obat-Obatan Ringan

Untuk mengantisipasi kenyamanan saat mudik, kita juga perlu mempersiapkan obat-obatan ringan atau P3K yang biasanya terdiri dari Minyak Angin, obat Pusing dan Flu hingga obat anti mabuk kendaraan, walau bagaimanapun suasana yang akan dialami saat mudik tentu berbeda dengan tempat tinggal kita.

5. Memeriksa Kondisi dan Sparepart Kendaraan

Bagi pemudik yang berencana membawa kendaraan pribadi hendaklah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik, bawalah ke bengkel atau tempat reparasi ahli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kita agar saat dijalan kita dapat berkendara dengan aman.

Bawalah Sparepart lengkap untuk berjaga-jaga jika saat dijalan kita perlu melakukan perbaikan dasar terhadap kendaraan.

6. Istirahat Jika Lelah

Jangan memaksakan berkendara jika badan sudah merasa lelah, beristirahatlah atau Tidur barang sejenak dan lanjutkan perjalanan disaat badan sudah mulai fit kembali.

7. Tidak Membawa Perhiasan Berlebih

Khususnya bagi pemudik perempuan, jangan membawa perhiasan yang moncolok atau berlebihan yang sekiranya dapat memancing niat tidak baik dari seseorang. Hal ini untuk menjaga keamanan atas berang-barang berharga yang kita miliki.

8. Menyiapkan Peta Navigasi

Peta Navigasi sangat diperlukan ketika kita sedang dijalan, lebih-lebih saat ada pengalihan jalur kendaraan, kita memerlukan Peta Navigasi untuk memastikan bahwa kita sudah berkendara sesuai arah yang dituju.

Untuk lebih mudahnya kita bisa menyiapkan aplikasi Google Map atau Aplikasi Navigasi lainnya.

9. Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

Saat perjalanan mudik akan sangat banyak kendaraan yang berlalu lalang dan memiliki tujuan yang berbeda, patuhilah aturan lalu lintas walau hal kecil sekalipun sehingga kita sendiri maupun pengguna jalan lain juga bisa menikmati perjalanan mudik.

Penutup

Jika dari beberapa tips mudik diatas sudah kita ikuti, maka selanjutnya adalah menikmati perjalanan mudik bersama para pemudik lainnya. Anggaplah mereka adalah saudara kita sehingga kita tidak merasa sepi ditempat yang asing dan segera berkumpul dengan keluarga serta orang-orang tersayang. Selamat Mudik...

Penulis: Abdul Muhid