Cara Melatih Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini
Cari Berita

Advertisement

Cara Melatih Anak Berpuasa Ramadhan Sejak Dini

Sabtu, 19 Mei 2018




ARTIKEL (Ruangaspirasi.me) Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti oleh ummat muslim  sedunia. Sebab di bulan ini banyak keberkahan yang diturunkan, serta amal-amal ibadah kita dilipat gandakan pahalanya. berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi muslim yang sudah dewasa, namun tidak untuk anak-anak yang belum menginjak usia baligh.

Meski demikian, orang tua tetap mempunyai kewajiban memberikan pendidikan kepada si buah hati untuk belajar puasa sejak dini. Meskipun hal itu tidaklah mudah, mengingat kondisi fisik seorang anak tidak sama dengan orang dewasa. Apalagi di dalam tubuh anak masih membutuhkan energi yang cukup tinggi. Lalu bagaiamana cara mengajarkan anak berpusa di bulan Ramadhan.?

Berikut Tips mengajarkan anak sejak dini berpuasa di bulan Ramadhan:

Menyesuiakan Kemampuan Anak


Saat mengajarkan anak untuk berpuasa, orang tua perlu melihat kemampuan anak. Ini bisa dinilai dari kondisi anak dan tingkat aktivitas.

Toleransi Terhadap Lapar



Sangat perlu diperhatikan oleh orang tua saat mengajari anak berpuasa adalah mengatur frekuensi pola makan. Sebab di usia anak-anak, mereka membutuhkan energi untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika glukosa yang jadi sumber energi utama dalam tubuh mereka sudah habis, anak akan cenderung mengalami emosi pendek atau mudah marah karena kelaparan.

Berpuasa Paruh Waktu



Sangat efektif dilakukan, pada biasanya orang tua harus mengajarkan si kecil berpuasa dengan bertahap. misalnya, berbuka saat adzan dhuhur dan terus ditingkatkan sesuai kekuatan anak. Hal ini dimaksudkan untuk membiasakan tubuh si anak dalam menahan lapar.

 

Demikian, orang tua wajib mengajarkan anak berpuasa secara humanis dan penuh pengertian, lebih-lebih tidak memaksa anak untuk berpuasa sehari penuh. Jika anak semakin dewasa, mereka akan terbiasa dengan sendirinya. 

REDAKSI


Sumber: Vamele.com
Gambar: Sumber Google