Pemkab Situbondo Maksimalkan Pelayanan dengan meluncurkan Aplikasi Situbondo Tera'
Cari Berita

Advertisement

Pemkab Situbondo Maksimalkan Pelayanan dengan meluncurkan Aplikasi Situbondo Tera'

Minggu, 20 Mei 2018

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.me) Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Kominfo telah meluncurkan aplikasi berbasis Android yang bernama Situbondo Tera'. Aplikasi ini disediakan dalam rangka meningkatkan pelayanan dari pemerintah Kabupaten terhadap berbagai golongan Masyarakat di Situbondo.

Aplikasi Situbondo Tera' dirilis pada tanggal 11 Mei 2018 dan nama aplikasi  tersebut merupakan kependekan dari model pelayanan yang diterapkan Pemerintah Kabupaten Situbondo, yaitu Terpadu, Efektif, Reaktif, dan Akuntable (Tera'). 

Berbagai Fitur Layanan dan Informasi telah disematkan pada Aplikasi ini diantaranya:

1. Pengaduan Masyarakat

Aplikasi Situbondo Tera' menjadi media penyambung komunikasi antara masyarakat dan pemerintah dalam berbagai keluhan, sehingga kemudian terjadi hubungan baik antara pemerintah dan masyarakat demi terciptanya masyarakat yang harmonis dan saling menghargai.

2. Portal Berita

Masyarakat akan dapat mengakses tentang berbagai kegiatan Pemerintah yang disajikan dalam bentuk informasi maupun berita terkini.

3. Informasi Pariwisata

Situbondo kaya akan berbagai potensi wisata, disini akan disediakan wawasan tentang ratusan Pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Situbondo seperti Wisata Alam, Budaya, Religi hingga Wisata Kuliner.

4. Harga Pangan

Masyarakat secara mudah dapat mengakses informasi harga kebutuhan pokok diberbagai pasar sesuai harga terkini.

5. Fasilitas Umum

Infomasi tantang Fasilitas Umum yang diperlukan oleh masyarakat, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam mencari Fasilitas terdekat, misalnya SPBU, ATM, Rumah Sakit, Kantor Polisi, dll.

6. Layanan Kesehatan

Informasi tentang ketersediaan kamar pada rumah sakit, sehingga masyarakat dapat terbantu dalam memutuskan untuk mengunjungi Rumah Sakit.

7. Call Center


Pusat Layanan yang berisi beberapa nomor penting yang dapat dihubungi dalam keadaan mendesak, terdiri dari Rumah Sakit, Kantor Polisi, dan Pemadam Kebakaran.

Cara mengunduh Aplikasi Situbondo Tera'

Aplikasi Situbondo Tera' yang dikembangkan oleh Kominfo Situbondo ini memiliki kapasitas 2,8 Mb, dapat diunduh melalui Google Playstore dan dijalankan pada Smartphone berbasis Android.

Berikut Cara mengunduh Aplikasi Situbondo Tera'

1. Masuklah pada Google Playstore
2. Pada kolom pencarian, ketik Situbondo Tera'.
3. Unduh dan Instal Aplikasi hingga selesai
4. Aplikasi Siap digunakan

Setelah Aplikasi Situbondo Tera' terpasang pada Smartphone Android, kita bisa menikmati layanan sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.