Sedang Viral the Second Savana Sikasur di Desa Mimbaan - Situbondo
Cari Berita

Advertisement

Sedang Viral the Second Savana Sikasur di Desa Mimbaan - Situbondo

Kamis, 17 Mei 2018

Sedang Viral the Second Savana Sikasur di Desa Mimbaan - Situbondo
SITUBONDO, (ruangaspirasi.me) Tidak banyak orang tahu bahwa Kabupaten Situbondo benar-benar kaya dengan objek wisata Alam, Budaya maupun Kulinernya. sehingga tidak salah jika pemerintah Kabupaten mencanangkan tahun 2019 sebagai Tahun Kunjungan Wisata.

Adalah sebuah Destinasi Wisata baru yang saat ini mulai ngentren dikalangan para pegiat wisata dan pemuda Situbondo, Puncak Radar atau Batu Kodok namanya, berlokasi dalam wilayah administratif Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo - Jawa Timur.

Puncak Radar atau Batu Kodok lebih dikenal dengan Sikasur kedua setelah Sikasur yang utama di Pagunungan Hyang Argopuro, karena tempat tersebut memiliki bentuk yang sama.

Jarak tempuh untuk sampai ditempat ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 Menit perjalanan dari pusat Kota, dengan menggunakan sarana tansportasi roda 2 maupun roda 4. dan 5 menit ditempuh berjalan kaki dari tempat parkir.

Saat tiba di padang savana tersebut kita akan disuguhkan pemandangan padang rumput yang luas dengan sensasi yang sangat mempesona, dan juga dari tempat ini dengan menghadap kearah utara kita dapat menyaksikan pemandangan pusat kota Kabupaten Situbondo, sebelah barat menghadap Gunung putri tidur, sebelah selatan view Gunung Ijen dan disebelah timur disajikan pemandangan Gunung Baluran Situbondo.

Puncak keindahan Savana ini berada pada bulan Maret hingga Juni, yang pada saat itu padang rumput ini sedang menghijau indah dan menyejukkan mata. dan pada malam harinya kita juga akan ditawarkan dengan keindahan kerlap-kerlip lampu yang berada dipusat Kota serta taburan bintang yang akan membuat kita terlarut menikmati mahakarya sang Pencipta Alam Semesta.

Menurut Welly Susanto, salah satu pemuda Pegiat Wisata Jelajah Jatim (JJT) sekaligus anggota Pokdarwis Terpadu Situbondo, bahwa Aktivitas yang sangat cocok dilakukan ditampat ini adalah kegiatan berbasis alam bebas, misalnya Perkemahan, Outbond, Fun Camp, Paralayang hingga Track Even Lintas Alam.

Bahkan selain The Second Savana Sikasur, di Desa Mimbaan ini masih terdapat sekitar 24 potensi objek wisata lain yang akan segera diangkat seperti Puncak Sedan, dan Bekas Telapak Kaki Minak Jinggo. Hal ini akan turut serta memperkaya objek wisata alam yang ada di Situbondo.

Penulis: Abdul Muhid