Ternyata 7 Teknologi Canggih ini Telah Ada Sejak Jaman Dahulu
Cari Berita

Advertisement

Ternyata 7 Teknologi Canggih ini Telah Ada Sejak Jaman Dahulu

Kamis, 03 Mei 2018


TEKNOLOGI (Ruangaspirasi.me) Saat ini berbagai pilihan teknologi canggih telah tersedia dan dapat kita nikmati dengan mudah. Bahkan hampir setiap aktivitas manusia telah dilengkapi dengan dukungan teknologi.

Namun tahukah anda? bahwa ada banyak teknologi modern masa kini yang ternyata telah digunakan sejak ratusan tahun silam. Hanya saja pada era digital saat ini teknologi tersebut telah diupgrade menjadi lebih peka jaman.

Berikut ini berbagai teknologi yang berasal dari masa lalu.

1. Alarm waktu

Setiap orang pasti pernah menggunakan Alarm Waktu, fungsinya adalah sebagai pengingat tentang aktivitas yang akan kita kerjakan, sehingga dengan bantuan Alarm Waktu setiap aktivitas akan bisa kita laksanakan dengan tepat waktu.

Adalah seorang Filusuf Yunani bernama Plato yang hidup sekitar tahun 440 sebelum masehi yang berhasil membuat Jam air yang difungsikan untuk membangunkannya setiap pagi agar tidak terlambat untuk berangkat kuliah.

Kemudian 2000 tahun setelahnya atau pada tahun 1787 Levi Hutchins berhasil menciptakan Jam Alarm yang dapat berbunyi setiap pukul 04 Pagi. Ini kemudian menjadi cikal bakal adanya alarm yang sekarang kita gunakan.

2. Pintu Otomatis

Kalau kita sedang berkunjung ke Hotel Pusat-pusat perbelanjaan modern, maka kita akan menemukan Pintu Otomatis yang terbuka secara sendirinya karena menggunakan sensor  pembaca gerakan.

Pada awalnya pintu otomatis ini diciptakan sekitar 50 tahun sebelum masehi, yang pada saat itu digunakan pada pintu kuil, dengan memanfaatkan uap. Biksu yang akan masuk cukup menyalakan altar perapian yang ditempatkan didepan pintu kuil.

3. Credit Card

Kartu Kredit yang saat ini kita gunakan untuk melakukan berbagai transaksi ternyata juga telah ditemukan pada masa lalu. Para arkeolog Jerman telah menemukan model pelacak hutang ini pada sebuah tongkat kayu kuno.



Setelah diteliti, tongkat kayu kuno yang berukuran sekitar 30 CM ini terpahat catatan hutang  yang dibagi menjadi 2 bagian, yang mana cara penggunaannya adalah dengan memegang  masing-masing adalah setengah bagian.

Pada hari pembayaran nantinya tongkat pelacak hutang akan dicocokkan masing-masing tongkat. Jika kedua sisinya sama maka hutang dinyatakan lunas. Begitulah inspirasi awal Kartu Kredit.

4. Teleskop



Galileo Galilei menciptakan teleskop pada tahun 1609 atau sekitar 409 tahun yang lalu, penemuan ini kemudian dikembangkan pada berbagai bidang keilmuan, khususnya dalam meneliti benda ruang angkasa.

5. Baterai

Ketergantungan pada alat yang memerlukan arus listrik mengharuskan kita mengenal benda yang bernama Baterai. Dan ternyata baterai ini adalah teknologi warisan masa lalu.

Seorang arkeolog pada tahun 1930 melakukan penggalian makam kuno dan ditemukan benda yang terbuat dari tanah liat yang didalamnya terdapat struktur gulungan Tembaga, Besi dan aspal, namun tidak serta merta arkeolog tersebut mempercayai bahwa benda itu mengandung listrik.

Setelah dimasukkan asam, maka saat itu juga benda tersebut dapat mengalirkan tenaga listrik sebesar 1,5 Volt M, dan dapat digunakan secara nonstop selama 18 hari. Inspirasi Itulah yang kemudian dikembangkan oleh manusia dalam pembuatan baterai seperti kita gunakan saat ini.

6. Surat Kabar Elektronik

Asal-usul surat kabar elektronik ini sebenarnya tidak serta merta ada seperti yang kita baca saat ini, ada proses panjang yang diawali dari kebiasaan bangsa Romawi jaman dahulu yaitu dengan membuat catatan notulen dalam setiap pertemuan kerajaan, namun itu tidak tersedia untuk umum, atau hanya khusus dibaca para senator.

Selanjutnya dibuatlah surat kabar umum yang bisa dibaca oleh warga masyarakat kerajaan. Karena ide surat kabar tersebut dirasa cukup bermanfaat kemudian banyak negara yang menirunya sehingga sampai hari ini sebagai surat kabar paling canggih bernama surat kabar elektronik.

7. Telepon

Kita perlu berterima kasih kepada dua orang ilmuwan yang telah sukses menemukan telepon yaitu Antonio Meucci dan Alexander Graham Bell selama kurun waktu 1860 hingga 1876.

Walaupun mereka sempat berseteru mengenai hak paten tentang telepon namun penemuan mereka saat ini sanggup mengubah gaya hidup manusia. Hampir setiap orang didunia membutuhkan fasilitas bernama telepon khususnya dalam bidang komunikasi meskipun pada era digital ini teknologi telepon sudah dimodifikasi sesuai dengan perkembangan jaman.

Penutup

Demikianlah sekilas tentang beberapa teknologi canggih yang telah ada sejak jaman dahulu, semoga bermanfaat.

Penulis: Abdul Mohed