Penyuluhan Kebakaran Hutan di KSDA Resort Baderan
Cari Berita

Advertisement

Penyuluhan Kebakaran Hutan di KSDA Resort Baderan

Jumat, 06 Juli 2018

SITUBONDO (Ruangaspirasi.net) Balai Besar KSDA Jawa Timur hari ini, Jum'at 06/07/018 mengadakan penyuluhan tentang penanggulangan kebakaran Hutan untuk Wilayah Kerja Bidang BKSDA Wilayah III Jember yang membawahi kawasan Pegunungan Yang Argopuro, yang bertempat di Resort Baderan, Kecamatan Sumbermalang - Situbondo.

Hadir langsung mendampingi acara penyuluhan tersebut Bapak Kepala Bidang Wilayah III Jember, dalam sambutannya beliau menekankan kepada peserta penyuluhan untuk ikut serta dalam Pelestarian Kawasan Hutan dan Mengingatkan untuk tidak melakukan sesuatu yang bisa menyebabkan kebakaran hutan.

Masih dalam sambutannya, Kabid KSDA Wilayah III Jember memberikan wawasan tentang kerugian jika terjadi Kebakaran hutan diantaranya yaitu Matinya flora & fauna, Pernafasan terganggu disebabkan asap yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan, hingga Ekonomi masyarakat dan penerbangan yang harus ditutup.

Sedangkan Manfaat hutan yang paling penting adalah sebagai penyuplai Oksigen terbesar untuk manusia, hutan dapat menyerap karbon dioksida, Mencegah erosi, Melestarikan sumber kehidupan dan membuat Iklim menjadi sejuk.

Penyuluhan Kebakaran Hutan

Selanjutnya penyuluhan tentang kebakaran hutan dipandu langsung oleh ibu Veve Ivana Pramesti, S. Hut dari BKSDA Probolinggo membahas pengetahuan tentang  Kebakaran hutan yang disebabkan oleh kelalaian manusia, seperti lupa mematikan api unggun hingga kegiatan mencari sarang lebah yang menggunakan asap perapian, jika tidak benar-benar dipastikan padam akan berakibat kebakaran hutan.

Selain itu terdapat 3 Sumber utama yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan
1. Oksigen
2. Bahan bakar
3. Panas / sumber api
Hal ini harus selalu diwaspadai saat berada di hutan, selain untuk mengamankan Flora & Fauna, namun juga demi keselamatan diri sendiri.

Teknis penanggulangan kebakaran yaitu membuat jalur-jalur Isolasi diantaranya

1. Sekat Bakar (Fire Breaks)
Membuat garis sekat atau ruang api sehingga api hanya terfokus pada satu titik hingga padam dan tidak menyebar kemana-mana.

2. Sekat bahan bakar
Melakukan pemotongan bahan bakar ditempat terjadinya kebakaran sehingga api tidak bisa menjalar.

3. Jalur hijau (Green belt)
Upaya pencegahan sebelum terjadi kebakaran dengan menyediakan ruang hijau atau tumbuhan subur yang akan sulit dilewati api.

Hutan Indonesia saat ini menjadi paru-paru dunia yang wajib dijaga demi kelestarian flora & fauna serta menjaga penyumbang oksigen terbesar di Dunia.