Tips Dalam Mendidik Anak Usia Dini Untuk Menjadi Anak Yang Baik Tanpa Membuat Anak Merasa Terpaksa
Cari Berita

Advertisement

Tips Dalam Mendidik Anak Usia Dini Untuk Menjadi Anak Yang Baik Tanpa Membuat Anak Merasa Terpaksa

Sabtu, 07 Juli 2018

Gambar Ilustrasi Sumber Google
TIPS, (Ruangaspirasi.me) Hai bunda-bunda, buat kalian yang masih bingung dalam mendidik anak usia dini. disini, saya akan berbagi tips dalam mendidik anak usia dini.

Nah, sebelum kita bahas tipsnya, sebagai seorang ibu kita harus mengerti tentang hal yang biasanya terjadi pada anak usia dini.

Orang tua harus tau bahwa kebijakan dalam mendidik anak di usia dini sangatlah penting, karena bisa menentukan perkembangan sikap anak hingga dewasa. Misalnya, bunda memiliki anak yang berusia dini dan mempunyai anak bayi, sehingga bunda sangat repot dalam memberikan perhatian yang lebih. Tentunya bunda lebih memperhati si bayi atau mungkin bunda meminta bantuan pengasuh untuk membantu mengurus anak usia dini. Nah, dari hal yang seperti itu anak usia dini merasakan hal yang berbeda, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan nya. yuk, baca tipsnya :

1. Memahami Segala Hal Yang Ada Pada Anak.

Tentunya bunda sudah memahami segala hal yang ada pada anak bunda. Nah, sekarang cobalah untuk memahami hal yang ada pada anak secara lebih detail lagi.

contoh : bunda memahami bahwa anak mempunyai sifat egois, lemah lembut, suka mengalah, pemberani, penakut.

2. Perhatikan Segala Hal dan Sikap Yang Ada Pada Anak.

Setelah bunda memahami lebih detail tentang segala hal yang ada pada anak bunda. Selanjutnya, perhatikan segala hal yang ada pada anak. Dimulai dari aktivitasnya, sikap dan hal yang di sukainya.

contoh : ketika bermain dengan anak seusianya. dia sering kali menggagu atau mengambil mainan teman nya.

3. Tegur Anak Dengan Kelembutan dan Kasih Sayang Namun Tanamkan Kedisiplinan.

Anak usia dini tentunya belum mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, tentunya pasti ada hal yang buruk pada diri anak. Nah, untuk itu sebagai orang tua tegurlah dengan lembut dan penuh kasih sayang. Karena, anak usia dini dominan lebih mengerti diarahkan dengan kelembutan. maka bunda usahakan jangan sampai mengekspresikan kemarahan yang berlebihan.

Contoh kalimat teguran yang bijak terhadap anak : "Nak, kamu tidak boleh nakal lagi sama temanmu ya."

4. Arahkan Anak Untuk Memperbaiki Hal Yang Tidak Baik Pada Dirinya.

Ketika anda perhatikan ada hal yang tidak baik dalam diri anak, baik dari aktivitas yang dia sukai atau dari sikap dan sifatnya, arahkan anak untuk memperbaiki diri agar tidak bertahan dalam hal keburukan.

contoh : anak diarahkan berteman tanpa memilih, anak diarahkan untuk memberi.

5. Berikan Alasan Yang Tepat dan Bijak Agar Anak Berubah.

Mendidik anak usia dini untuk menjadi anak yang baik memang sangat sulit, untuk itu bunda harus memberikan alasan yang tepat dan bijak terhadap anak agar berubah menjadi anak baik.

contoh : ajarkan anak untuk saling tolong menolong karena allah akan beri pahala.

6. Beritahu Anak Dampak Buruk Jika Anak Tidak Berubah.

Setelah anak bunda tahu alasan yang bunda berikan, tentunya bunda juga harus memberitahu dampak buruk yang akan terjadi bila anak mengulangi hal buruk yang ada pada dirinya.

contoh : beritahu anak bahwa mengganggu teman itu dosa, dan jika si anak nakal teman nya nanti akan menjauh.

Penulis: Erta Purnama Sari