Bentuk Kepedulian Sosial, YSKS Gelar Baksos di Dusun Alun-Alun Desa Jatisari Arjasa
Cari Berita

Advertisement

Bentuk Kepedulian Sosial, YSKS Gelar Baksos di Dusun Alun-Alun Desa Jatisari Arjasa

Minggu, 30 September 2018

Pembina YSKS Drs. Karna Suswandi saat membagikan sembako kepada warga Dusun Alun-Alun, Desa Jatisari, Situbondo. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Suatu langkah gerakan nyata untuk membangun rasa kepedulian terhadap sesama, Yayasan Sosial Kami Situbondo (YSKS) menyelenggarakan giat Bakti Sosial (Baksos) terhadap masyarakat di wilayah terpencil, Dusun Alun-Alun, Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Sabtu, (29/09/2018)

Pada giat tersebut dihadiri serta didampingi pembina YSKS Drs. Karna Suswandi, MM, Ketua Umum YSKS Agus Ari Cahyadi, SE, MM, Camat Arjasa Sudarto, M.SE, Pekerja Sosial Ninda Hasminurhayati, S.Pd, serta seluruh pegiat sosial yang tergabung dalam kepengurusan YSKS. Hadir pula mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Ilmu Qur'an (STIQ) Pondok Pesantren Walisongo Situbondo yang ikut berpartisipasi dalam baksos tersebut.

Berdasarkan keterangan dari pembina YSKS Drs. Karna Suswandi menyampaikan kepada awak media bahwa, kegiatan Baksos ini diselenggarakan sebagai langkah awal YSKS untuk membangun kepedulian sosial, dengan maksud dan tujuan revitalisasi kesadaran serta penanaman rasa kepedulian sosial terutama bagi pengurus YSKS dan masyarakat Situbondo agar peka terhadap realita sosial.

"Alhamdulillah saya diajak oleh YSKS untuk ambil bagian dari kegiatan peduli sosial ini, kami bukan hanya sekedar memberi bantuan lalu hilang begitu saja, namun juga bagaimana masyarakat dusun alun-alun ada hubungan silaturrahim dengan saudara di YSKS, sehingga keberlanjutan program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan dengan baik," jelas Karna Suswandi

"Disamping itu saya juga berharap YSKS dapat tumbuh dan berkembang di Kabupaten Situbondo secara optimal,serta kegiatan-kegiatan sosial seperti ini terus berlanjut dimasa akan datang sebagai motivasi membantu sesama serta untuk mengurangi beban kebutuhan masyarakat yang ekonominya menengah kebawah, sehingga kontribusi YSKS terhadap masyarakat Situbondo semakin luas," Tegas Bung Karna penuh harap.

Sementara, Agus Ari Cahyadi selaku ketua umum YSKS memaparkan tentang langkah pengembangan YSKS kedepan. Sebagaimana visi dan misinya YSKS berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, utamanya mengurangi beban kebutuhan keluarga dari masyarakat miskin. Sehingga dalam jangka panjang YSKS memiliki target prioritas, yakni mewujudkan masyarakat situbondo lebih sejahtera.

"Kami tidak menargetkan kegiatan setiap bulan, tetapi kami akan berupaya konsisten melakukan kajian, gerakan sekaligus penelusuran ke beberapa titik maupun wilayah yang dinilai ada masyarakat yang membutuhkan meski harus tiap hari. Misalnya, kami mendapat informasi ada orang yang kelaparan, maka kami akan mencoba mendatangi serta memberi bantuan. Kali ini kami mengemas dengan Baksos, lalu berikutnya kami akan meningkatkan target bantuan sehingga YSKS dapat konsisten mengembangkan visinya secara maksimal," Pungkas pemuda pegiat sosial itu.

Lebih lanjut Sudarto, M.SE selaku Camat Arjasa menyampaikan dukungan serta apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kegiatan Baksos oleh YSKS. Sebab, kegiatan semacam ini merupakan langkah nyata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Saya berterima kasih kepada YSKS karena telah mengadakan Baksos, ini sangat bermanfaat untuk warga kami dan sesuai dengan harapan pemerintah serta masyarakat," kata Sudarto

Acara yang berlangsung sekitar pukul 10:00 Wib, berjalan dengan lancar dan efektif dengan diawali dengan pembukaan, pembacaaan shalawat nariyah, sambutan-sambutan serta pembagian sembako kepada ratusan warga dusun alun-alun desa jatisari kecamatan arjasa.

(Ar Rozy)