9 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi
Cari Berita

Advertisement

9 Tips Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Kamis, 11 Oktober 2018

TIPS (Ruangaspirasi.net) Gempa bumi dalam 1 bulan terakhir ini sering terjadi di beberapa daerah Indonesia. Fenomena alam ini tidak dapat dihindari oleh setiap manusia karena Gempa Bumi sudah berada diluar kekuasaan manusia.

Gempa Bumi yang paling banyak menimbulkan kerugian baik secara material maupun jiwa seperti yang terjadi di Provinsi Aceh beberapa tahun yang lalu, dan tahun ini di Lombok maupun Donggala Sulawesi tengah. 

Meskipun kita tidak mengharapkan gempa terjadi ditempat kita, tapi paling tidak kita sudah mengetahui tentang 9 Tips / cara menyelamatkan diri jika terjadi Gempa Bumi seperti berikut ini:

1. Segera Keluar Ruangan

Safety First, disaat sedang terjadi gempa bumi hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyelamatkan diri dan keluarga, jika kita berada di dalam ruangan saat gempa bumi terjadi, segeralah keluar ruangan dan cari tempat lapang untuk menghindari robohnya bangunan yang dapat membahayakan keselamatan diri. 

2. Gunakan Pelindung Kepala

Salah satu bagian tubuh yang sangat vital adalah kepala, jika masih sempat carilah pelindung kepala, seperti helm, atau apa saja benda keras yang sekiranya bisa melindungi kepala. Jika tidak menemukan pelindung kepala, maka kita harus melindungi Kepala menggunakan tangan sehingga berbagai benturan dengan kepala bisa diminimalisir.

3. Jangan Menggunakan Lift

Saat berada di dalam gedung tentu banyak orang merasa panik jika terjadi gempa, segeralah berlari keluar gedung menggunakan tangga manual, karena jika menggunakan Lift justru lebih berbahaya apabila terjadi kerusakan alat dan kita bisa terjebak didalamnya.

4. Cari Tangga Darurat

Ada atau tidak ada Gempa, kita wajib waspada jika memasuki kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan maupun fasilitas publik lainnya. Pada saat memasuki gedung usahakan kita mengetahui tempat-tempat maupun tangga yang bisa digunakan jika dalam keadaan darurat. 

5. Kurangi kepanikan 

Siapapun orangnya pasti akan panik jika menghadapi gempa bumi berkekuatan tinggi, misalnya 6,4 SR keatas. Langkah awal kurangi kepanikan yang terjadi akibat Gempa Bumi. Apalagi jika kita sebagai kepala keluarga. Cobalah untuk tidak panik dan lakukan tindakan-tindakan penyelamatan diri maupun keluarga

6. Mencari tempat yang tinggi

Khususnya masyarakat yang berada dipinggir pantai, jika terjadi gempa yang berpotensi Tsunami maka segeralah mencari lokasi yang lebih tinggi dari pantai untuk menghindari air pasang yang datang secara tiba-tiba.

7. Jauhi Tiang Listrik / Pohon Besar

Tiang listrik maupun pohon besar akan roboh jika diguncang sedemikian kerasnya, jauhi Tiang Listrik dan Pohon Besar untuk memastikan diri kita tidak akan tertimpa pohon jika terjadi pohon tumbang karena Gempa Bumi 

8. Berlindung dibawah meja

Saat terjebak didalam rumah pada waktu Gempa Bumi, gunakan alternatif pengaman diri dengan masuk kebawah Meja yang kokoh, sehingga jika ada barang-barang yang jatuh tidak akan langsung mengenai kita.

9. Jangan Menyalakan Api

Menyalakan Api Ini wajib dihindari, apalagi menggunakan Gas atau alat yang mudah terbakar. Jika mati lampu saat gempa bumi cukup gunakan senter berbahan baterai dan senter ponsel. Atau jika tidak ada alat penerangan, diamlah hingga pertolongan tiba. 

Gempa Bumi adalah Gejala Alam, apabila ditempat kita terjadi Gempa Bumi, utamakan keselamatan Jiwa terlebih dahulu Jangan terlalu memikirkan harta benda, karena Harta dan benda tetap bisa dicari jika keadaan sudah pulih dari Gempa bumi.

Demikianlah 9 Tips yang harus diikuti untuk menyelamatkan diri jika terjadi gempa bumi. Semoga bermanfaat.