Panwaslu Kapongan Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Tokoh Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

Panwaslu Kapongan Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Tokoh Masyarakat

Selasa, 23 Oktober 2018

Suasana opening ceremonial Giat Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama tokoh masyarakat di Aula Pitaloka Kecamatan Kapongan. 

SITUBONDO, (Ruangaspirasi.net) Sebagai program untuk memberikan pendidikan politik bagi masyarakat, serta upaya meningkatkan pengawasan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Aula Pitaloka Kecamatan Kapongan. Selasa, (23/10/18)

Pada giat tersebut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo, Komisioner Panwaslu Kecamatan Kapongan, jajaran staf dan Panwaslu Desa se-kecamatan Kapongan, serta turut hadir pula Camat Kapongan, Kapolsek Kapongan, Danramil Kapongan, dan perwakilan Pemerintah Desa (Pemdes) yang diwakili BPD se-Kecamatan Kapongan, pendamping, perwakilan tokoh pemuda dan masyarakat

Menurut Buchari selaku Camat Kapongan dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Panwaslu Kecamatan karena telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif. Sebab pengawasan Pemilu dibutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk Pemdes dan tokoh masyarakat, sehingga hasil dari sosialisasi harus tersampaikan kepada masyarakat Desa se-Kecamatan Kapongan agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan efektif.

"Saya berharap Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya Pemdes harus bersikap netral dalam momentum Pemilu, lalu sampaikan kepada warga agar mengunakan hak pilihnya atau tidak golput. Sebab partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan penyelenggaraan Pemilu," harap Buchori

Disamping itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kapongan Sujanto menjelaskan, kegiatan sosialisasi pengawasan ini penting dilaksanakan. Karena selain diamanahkan dalam undang-undang, juga bertujuan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat melalui sosialisasi pengawasan partisipastif untuk mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu. Sehingga, marwah demokrasi tetap terjaga dan tercipta Pemilu damai, kondusif, jujur, adil dan berkualitas sesuai asas Pemilu.

"Giat sosialisasi Pengawasan kali ini melibatkan Pemdes yang diwakili Ketua BPD, beserta perwakilan tokoh masyarakat desa se- Kecamatan Kapongan. Dengan ini diharapkan semua Stekholder baik dari Pemerintah Kecamatan, desa dan tokoh masyarakat berpartisipasi sekaligus mengawasi serta memberi informasi kepada masyarakat di desanya masing-masing," tegasnya

Lebih lanjut Taufiq Hasan selaku Komisioner Panwaslu Kecamatan Kapongan memaparkan tentang rangkaian acara sosialisasi pengawasan partisipatif dimaksud. Yakni, pertama materi tentang "Peran Serta Masyarakat dalam Pelaksanaan Pemilu" dipaparkan oleh Devita selaku pemateri dari Bawaslu Kabupaten Situbondo. Kedua "Peran Polri dalam Pengamanan Pemilu" di jelaskan oleh Kapolsek Kapongan. Ketiga, materi tentang  pengawasan partisipatif "Bersama Rakyat Awasi Pemilu dan Bersama Bawaslu Tegakkkan Keadilan Pemilu" diisi langsung oleh ketua Panwaslu Kecamatan Kapongan.

"Melalui acara semacam ini, partisipasi masyarakat dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu dapat ditingkatkan, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 di kabupaten Situbondo khususnya di Kecamatan Kapongan berjalan dengan baik dan lancar," pungkas Taufiq Hasan

Selanjutnya, acara sosialisasi materi pengawasan berlangsung khidmat hingga siang hari. Sebab terdapat sejumlah materi pokok yang harus dijelaskan dan dimengerti secara menyeluruh oleh peserta yang hadir, terutama bagi setiap perwakilan Pemdes dan tokoh masyarakat di Kecamatan Kapongan.

Ar-Rozy